Saham Asia jatuh untuk hari ketiga seiring penurunan saham bahan baku dan merosotnya ekuitas Tokyo sebelum pertemuan bank sentral di AS dan Jepang pekan ini.

MSCI Asia Pacific Index turun 0,2 persen ke level 132,52 pada pukul 16:00 sore waktu Hong Kong. Sementara Federal Reserve diperkirakan akan menahan diri dari menaikkan biaya pinjaman pada hari Rabu, investor akan berhati-hati untuk setiap pergeseran untuk pedoman mereka terhadap kemungkinan lintasan kenaikan. Pertemuan Bank Jepang diumumkan pada hari berikutnya dan sebagian besar ekonom memprediksi stimulus moneter akan ditingkatkan di negara dengan perekonomian terbesar kedua di Asia itu.

Toshiba Corp turun 1,7 persen di Tokyo menyusul kerugian operasional yang dibukukan melebihi perkiraan setelah perusahaan besar elektronik yang sedang bermasalah ini menuliskan nilai unit daya Westinghouse nya. Beberapa perusahaan pada indeks Topix melaporkan laporan laba pada hari Selasa, dengan yang lainnya akan dijadwalkan untuk mengumumkan pada akhir pekan ini.

S & P / ASX 200 Index Australia turun 0,3 persen sementara Selandia Baru S & P / NZX 50 Index turun 1 persen, itu merupakan penurunan terbesar sejak 9 Februari. Kedua pasar kembali melakukan perdagangan setelah libur publik pada hari Senin. Indeks Hang Seng Hong Kong turun 0,5 persen, sedangkan Taiex Indeks Taiwan menguat 0,3 persen. (sdm)

Sumber: Bloomberg