PT.SolidGoldSemarang~Saham Asia melanjutkan reli yang mengirim ekuitas global untuk gain terbesarnya dalam 3 1/2 tahun karena saham Jepang dan perusahaan bahan baku naik.

Indeks MSCI Asia Pacific naik 0,5% menjadi 119,07 pada 09:02 pagi di Tokyo, dengan saham bahan material dan saham-perawatan kesehatan memimpin penguatan. Indeks Topix Jepang naik 1,1% karena pasar di seluruh wilayah melanjutkan kenaikan yang dimulai setelah Presiden ECB Mario Draghi mengisyaratkan mungkin meningkatkan dukungan ekonomi. Gubernur Bank of Japan Haruhiko Kuroda, yang memutuskan kebijakan pada 29 Januari, mengecilkan dampak perputaran pasar baru pada ekonomi, sementara pedagang memprediksi Federal Reserve akan mempertahankan suku bunganya ketika melakukan pertemuan di pekan ini.

Indeks volatilitas pada Indeks MSCI Pacific naik ke tertinggi sejak September pekan lalu, sementara Shanghai Composite berayun antara naik dan turun. Topix Jepang naik 5,6% pada hari Jumat setelah turun 6,4% dua hari sebelumnya.

Indeks MSCI Asia Pacific masih turun 9,7% tahun ini, sementara Shanghai Composite telah jatuh 18% karena investor menurunkan aset berisiko di tengah kekhawatiran tentang perlambatan ekonomi China dan kenaikan dalam harga minyak serta komoditas lainnya.

Indeks Kospi Korea Selatan naik 0,4% pada hari Senin. Indeks acuan Selandia Baru naik 0,7% dan Indeks S & P / ASX 200 Australia naik 1,1%. Pasar saham di China dan Hong Kong belum memulai trading. Berjangka pada indeks Hang Seng dan Hang Seng China Enterprises naik 1,3% di sebagian besar perdagangan terakhir, sementara kontrak pada Indeks berjangka FTSE China A50 naik 1,2%.

Saham China menguat pada hari Jumat karena saham produsen energi melonjak pada harga minyak yang lebih tinggi dan setelah pemerintah mengisyaratkan akan mengekang kelebihan kapasitas dalam industri seperti batubara yang telah menyeret turun pertumbuhan ekonomi. Shanghai Composite naik 1,3%, sedangkan Hang Seng China Enterprises naik 3,4%.

Kontrak pada indeks Standard & Poor 500 turun 0,1% pada Senin. Indeks ekuitas AS naik 2% pada Jumat, yang terbesar sejak 4 Desember, sedangkan Indeks MSCI All-Country World membukukan hari terbaiknya sejak Juni 2012.

Saham energi menguat di Asia minyak berfluktuasi mendekati level $ 32 per barel menyusul reli dua hari tertajamnya dalam lebih dari tujuh tahun terakhir.(yds)

Sumber: Bloomberg
baca Disclaimer