PT Solid Gold SMG – Saham Asia menguat, diikuti reli saham AS tertajamnya dalam setahun terakhir, di tengah spekulasi bank sentral Eropa akan menambah stimulus dan seperti perkiraan rekor penjualan Apple Inc pada hari libur didukung optimisme pendapatan perusahaan AS.
Indeks MSCI Asia Pacific naik sebesar 0,7 persen ke level 136,94 pada pukul 09:04 waktu Tokyo, dengan konsumen dan industri saham-saham unggulan meningkat. Indeks tersebut telah rebound pekan ini setelah sebelumnya melemah ke level 7 bulan terendahnya pada 17 Oktober lalu seiring Federal Reserve akhirnya meredakan stimulus, para investor mencari untuk Bank Sentral Eropa dan Bank of Japan untuk meningkatkan prospek ekonomi global.

Indeks Topix Jepang menguat sebesar 1,8 persen setelah kemarin yen melemah untuk hari keempat. Indeks Kospi Korea Selatan naik sebesar 1 persen. Indeks Australia S & P / ASX 200 naik sebesar 0,8 persen, sementara Indeks NZX 50 Selandia Baru menguat sebesar 0,4 persen. Pasar perdagangan di Hong Kong dan China belum dibuka.

Kontrak pada Indeks Standard & Poor 500 turun sebesar 0,1 persen hari ini setelah indeks acuan kemarin melonjak sebesar 2 persen, kenaikan terbesar sejak 10 Oktober 2013 lalu. ECB membeli obligasi Italia tertutup terkait kembali ke pasar untuk hari kedua di bawah pembelian aset Program. Reuters sebelumnya melaporkan ECB sedang mencari untuk membeli obligasi korporasi di pasar sekunder di tengah meningkatnya kekhawatiran melambatnya pertumbuhan ekonomi zona euro. (knc)

Sumber : Bloomberg

baca Disclaimer