PT.SolidGoldSemarang~ Bursa saham Asia naik, dengan acuan regional memangkas penurunan bulanan pertama di tahun 2015, setelah utilitas dan saham konsumen memimpin kenaikan.

Indeks MSCI Asia Pacific naik 0,2% ke level 151,53 pada pukul 09:02 pagi di Tokyo, menuju penurunan 1,1% di bulan Mei. Indeks Shanghai Composite anjlok 6,5% pada Kamis kemarin, yang merupakan terbesar sejak 19 Januari, setelah broker memperketat aturan pinjaman marjin di tengah spekulasi bahwa pemerintah mengambil langkah-langkah untuk meredakan reli. Rekor pertumbuhan utang marjin membantu memicu keuntungan 127% dalam indeks ekuitas selama 12 bulan terakhir sampai kemarin.

Kreditur Yunani mengatakan kesepakatan untuk membuka bantuan penyelamatan tidak dapat segera dilakukan karena mereka menuntut negara yang dilanda utang membuat komitmen kuat untuk merombak ekonomi dan memperkuat keuangan publik. Pemerintah Yunani melihat optimisme yang berlebih mencibir kesepakatan setelah para pejabat Eropa berkumpul di Jerman untuk pertemuan Kelompok Tujuh dan mengatakan lebih banyak lagi upaya yang diperlukan.

Indeks Topix Jepang menambahkan kurang dari 0,1%, dengan indeks tersebut berayun antara keuntungan dan kerugian. Indeks inflasi utama bank sentral melambat ke angka nol pada bulan April, menurut data hari ini, setelah minyak yang lebih murah melawan upaya Gubernur Haruhiko Kuroda untuk mereflasi perekonomian.(frk)

Sumber: Bloomberg
baca Disclaimer