PT.SolidGoldSemarang~Saham Asia rebound dari level 3 tahun terendah, setelah rally pada ekuitas AS diikuti penguatan saham Jepang untuk pertama kalinya dalam tahun ini dan para investor menunggu rilis data perdagangan China.

Indeks MSCI Asia Pacific naik 1 % ke level 121,97 pada pukul 09:11 pagi waktu Tokyo, ditetapkan untuk menghentikan penurunan selama 7 hari beruntun setelah kemarin menuju pada penutupan terendah sejak November 2012. Indeks Standard & Poor 500 naik untuk hari kedua seiring spekulasi bahwa aksi jual menghilangkan dana lebih dari $ 5 triliun dari nilai ekuitas global tahun ini mereda. Data perdagangan China akan dirilis pada hari ini yang diharapkan untuk penurunan dipercepat dalam sektor impor dan ekspor pada bulan Desember, setelah mata uang yuan China kemarin mempertahankan ketenangan para investor yang melihat penguatan dalam saham material.

Kemarin, China memicu lonjakan menuju rekornya di tingkat pasar keuangan Hong Kong guna mencegah spekulan bearish setelah penurunan suku bunga acuan pada pekan lalu yang memicu kekhawatiran pasar global dan diperburuk atas kemampuan negara untuk menangani perlambatan perekonomian. Ekonom memprediksi data perdagangan akan menunjukkan penurunan tertajam dalam ekspor China sejak bulan Juli dan kemerosotan berkelanjutan dalam sektor impor. (knc)

Sumber : Bloomberg
baca Disclaimer