PT.SolidGoldSemarang~ Saham Asia menguat, bersiap ke level dua bulan tertingginya, karena pelemahan mata uang yen yang didukung saham Jepang di tengah optimisme tindakan pemerintah baru Yunani yang tidak akan memaksa negara tersebut untuk meninggalkan blok mata uang euro.

Indeks MSCI Asia Pacific naik 0,4 % ke level 141,24 pukul 09:03 pagi di Tokyo. Menteri keuangan Eropa telah mengisyaratkan kesediaan untuk bekerja sama dengan Perdana Menteri Yunani terpilih Alexis Tsipras, asalkan pemimpin Partai Syriza tersebut menuruti permintaannya untuk writedown utang. Sementara pada pertemuan di Brussels pada hari Senin kemarin, para menteri sepakat untuk bekerja sama dengan pemerintah baru Yunani untuk membantu dan menjaga Yunani di zona euro, kata Menteri Keuangan Belanda Jeroen Dijsselbloem.

Indeks Topix Jepang naik 0,8 % karena mata uang yen memperpanjang penurunan sebesar 0,6 % kemarin terhadap dolar. Indeks Kospi Korea Selatan naik 0,5 %. Indeks NZX 50 Selandia Baru naik 0,4 %. Indeks Australia S&P/ASX 200 naik 0,3 % diperdagangkan kembali setelah libur kemarin. Sementara bursa saham di China dan Hong Kong belum dibuka.

Saham China naik untuk hari kelima kemarin, mengirim Indeks Shanghai Composite ke level tertinggi dalam lima tahun terakhir, karena saham perusahaan teknologi naik terkait spekulasi mereka yang akan mendapatkan keuntungan dari peningkatan anggaran pemerintah untuk pertahanan nasional. (vck)

Sumber: Bloomberg
baca Disclaimer