PT.SolidGoldSemarang~Indeks acuan regional Asia stagnan menjelang laporan pekerjaan bulanan AS. Saham material memimpin penurunan, sementara saham perusahaan konsumen naik.

Indeks MSCI Asia Pacific mencatat penurunan kurang dari 0,1 persen ke level 140,68 pukul 09:01 pagi di Tokyo, jelang bursa di Hong Kong dan China dibuka. Sementara saham Fortescue Metals Group Ltd turun 4 persen di Sydney. Sedangkan Indeks saham Asia flat pekan ini, karena para investor yang ingin mengetahui data payrolls AS hari ini untuk mengkonfirmasi bahwa pemulihan perekonomian AS pada pijakan yang kuat.

Laporan payrolls hari ini mungkin menunjukkan para pengusaha AS menambahkan sebesar 200.000 pekerjaan pada bulan November lalu untuk bulan ke-10, sementara tingkat pengangguran berada di tingkat terendah sejak Juli 2008 silam.

Indeks Topix Jepang melemah 0,1 persen dan Indeks S&P/ASX 200 Australia naik 0,2 persen. Sementara Indeks NZX 50 Selandia Baru dan indeks Kospi Korea Selatan stagnan.

Kontrak berjangka pada Indeks Hang Seng China Enterprises dari perusahaan China yang terdaftar di Hong Kong naik 0,5 persen. Sementara Indeks tersebut telah naik 3 persen pekan ini dan kemarin ditutup pada level tertinggi dalam setahun terakhir.

Indeks Shanghai Composite naik 4,3 persen kemarin, memperpanjang kenaikan sampai 19 persen selama bulan lalu, merupakan level tertinggi di antara 93 indeks ekuitas global. Indeks tersebut melakukan reli, yang bertepatan dengan peningkatan penggunaan leverage, memacu investor daratan untuk membuka rekening saham di laju tercepat dalam tiga tahun terakhir dan mengirim nilai perdagangan ke rekor tertinggi. (vck)

Sumber: Bloomberg

baca Disclaimer