Saham China yang diperdagangkan di Hong Kong jatuh ke level satu bulan terendah diikuti penurunan harga komoditas dan meningkatnya kekhawatiran atas indikator ekonomi apakah dapat dipertahankan.

Indeks Hang Seng China Enterprises jatuh 0,8 %, penurunan untuk hari ketiga. Indeks Shanghai Composite turun tipis kurang dari 0,1 %, memperluas kemerosotan pada saham China daratan yang terdaftar di Hong Kong. Saham China Petroleum & Chemical Corp dan PetroChina Co berayun antara keuntungan dan kerugian bagi perusahaan energi di Hong Kong karena harga minyak mentah AS diperdagangkan di bawah $ 44 per barel. Saham Zijin Mining Group Co merosot tajam dalam tiga minggu terakhir yang diikuti pelemahan harga emas.

Indeks Hang Seng China telah anjlok lebih dari 6 % dari level tertingginya pada 21 April. Harga membalikkan komoditas berjangka China seiring pertukaran mengambil langkah-langkah untuk menurunkan aktivitas spekulatif, sementara Indeks manufaktur China pada bulan April turun lebih dari yang diharapkan, menurut data yang dirilis oleh Caixin Media dan Markit Economics pada hari Selasa.

Indeks Hang Seng China berada di level 8,675.75 pada pukul 15:19 sore waktu Hong Kong. Indeks Shanghai Composite ditutup pada level 2,991.27 sedangkan Indeks CSI 300 turun 0,1 %. Indeks Hang Seng China AH Premium menguat untuk hari ketiga karena saham China daratan mengungguli saham-saham yang lain di Hong Kong. (knc)

Sumber : Bloomberg