Saham China yang diperdagangkan di Hong Kong reli tajam sejak September, sedangkan suku bunga turun setelah bank sentral memangkas suku bunga acuan untuk pertama kalinya sejak Juli 2012.

Perusahaan finansial dan material memimpin kenaikan di Hong Kong dengan New China Life Insurance Co, Haitong Securities Co dan Jiangxi Copper Co melonjak lebih dari 4%. Poly Real Estate Group Co melonjak 7,3% menjadi ujung tombak reli bagi perusahaan real-estate di Shanghai, sementara perusahaan pemberi pinjaman merosot ditengah kekhawatiran penurunan suku bunga yang akan merugikan pertumbuhan laba. Gree Electric Appliances Inc naik 3% di Shenzhen karena produsen alat rumah tangga tersebut naik karena spekulasi suku bunga yang lebih rendah akan memacu belanja konsumen.

Indeks Hong Kong Hang Seng China Enterprises menguat 2,3% menjadi 10,690.77 pada 9:42 pagi. Suku bunga pinjaman satu tahun berkurang 0,4% menjadi 5,6%, sedangkan suku bunga deposito satu tahun diturunkan sebesar 0,25% poin, Bank Rakyat China mengatakan pada 21 November setelah pasar ditutup.

Indeks Shanghai Composite naik 0,4% menjadi 2,497.13 dikarenakan penurunan suku bunga yang diimbangi oleh kekhawatiran penjualan saham baru yang akan mengalihkan dana. Investor mungkin akan menempatkan senilai 1,6 triliun yuan ($ 261 miliar) terkait tawaran untuk 11 penawaran umum perdana pekan ini, menurut Shenyin & Wanguo Securities Co

Volume perdagangan saham di Shanghai adalah 116 %di atas rata-rata 30 hari, menurut data yang dihimpun oleh Bloomberg. Indeks CSI 300 naik 0,8% hari ini. Indeks Hang Seng Hong Kong naik 1,7%.(yds)

Sumber: Bloomberg

baca Disclaimer