PT.SolidGoldSemarang~Saham Eropa menghentikan penurunan tiga hari, meraih kenaikan untuk pertama kalinya sejak mereka memasuki pasar beruang pekan lalu.

Produsen komoditas, saham energi dan pembuat mobil memimpin kenaikan di Stoxx Europe 600 Index setelah data menunjukkan pelemahan pertumbuhan China sejak 2009 mendorong spekulasi stimulus pemerintah yang lebih lanjut. Rio Tinto Group naik 4,1 persen setelah mengatakan akan memperlambat laju ekspansi stok di tengah kelebihan stok di pasar.

Stoxx 600 naik 2,2 persen pada pukul 08:02 pagi waktu London, dengan semua dari 19 kelompok industriyang ada meraih kenaikan. Kekhawatiran atas perlambatan Cina dan kerugian yang semakin dalam harga minyak mentah telah mendominasi sentimen investor di tahun baru ini. Indeks acuan Eropa berayun di antara keuntungan dan kerugian kemarin, sebelum ditutup pada level terendah sejak Desember 2014 dan 21 persen di bawah rekor bulan April.

Saham penambang naik 4 persen, menuju kenaikan terbesar dalam empat minggu, menyusul penguatan 5,7 persen atau lebih Glencore Plc dan Anglo American Plc. Seadrill Ltd memimpin saham perusahaan minyak dan gas untuk berada di level yang lebih tinggi, setelah tenggelam ke level terendah sejak 2009 pada akhir pekan lalu.

Di antara saham aktif di berita perusahaan, Credit Agricole SA melonjak 5,6 persen setelah orang yang akrab dengan masalah ini kemarin mengatakan bahwa perusahaan ini akan melakukan penjualan kepemilikannya di lebih dari tiga lusin pemberi pinjaman regional dalam kesepakatan yang bisa bernilai sekitar 17 miliar euro ($ 19 miliar). Pemberi pinjaman Perancis mengatakan hari ini bahwa mereka mempertimbangkan transfer saham tersebut. (sdm)

Sumber: Bloomberg
baca Disclaimer