Bursa Hong Kong naik, dengan indeks acuan menuju kenaikan dalam dua minggu, ditengah optimisme perekonomian AS Jelang pidato ketua The Fed Yellen dan para gubernur bank sentral dunia hari ini.

Indeks Hang Seng naik 0,3% ke level 25,072.14 pada 9:30 pagi di Hong Kong, menuju kenaikan 0.4% minggu ini dan perdagangan saham mendekati level tertinggi enam tahun. Indeks Hang Seng China Enterprises, juga dikenal sebagai indeks H-share, hari ini naik sebanyak 0,2% ke level 10,962.69.

Indeks H-share yang diperdagangkan 7,6 kali perkiraan laba per penutupan terakhir, dibandingkan dengan 11,5 untuk Indeks Hang Seng dan 16,7 pada indeks Standard & Poor 500.

Kontrak pada S & P 500 satgnan hari ini setelah indeks kemarin ditutup pada rekor tingginya. Janet Yellen akan melakukan pidatonya hari ini kepada para otoritas global di Jackson Hole, Wyoming, karena investor mencari petunjuk tmengenaik kapan waktu AS menaikan tingkat suku bunga. Meskipun data perumahan AS untuk manufaktur kemarin menunjukkan tanda-tanda penguatan, pertumbuhan upah dan lambatnya inflasi telah memberikan ruang untuk mempertahankan suku bunga mendekati nol.

Saham Li&Fung Ltd turun 4,6% setelah perusahaan pemasok pakaian dan mainan terbesar China tersebut mengatakan kondisi di pasar utama tetap menjadi tantangan ditengah permintaan yang tidak pasti di AS. Kepercayaan konsumen di ekonomi terbesar dunia tiba-tiba jatuh ke level terendah sembilan bulan pada bulan Agustus.

Laporan kemarin menunjukkan Indeks manufaktur China turun lebih dari perkiraan analis pada bulan Agustus seiring perlambatan kredit dan kemerosotan properti menambah risiko China akan kehilangan target pertumbuhannya tahun ini. (yds)

Sumber: Bloomberg