Solid Gold – Bursa Saham Asia menguat, indeks acuan regional rebound dari level 6 bulan terendahnya, akibat ekuitas Jepang naik terkait pelemahan yen setelah Bursa Saham AS reli dari penurunan tajam sejak 2011 lalu selama 3 hari ini.

Indeks MSCI Asia Pacific menguat 0.1% ke level 135.57 pukul 9:03 pagi waktu Tokyo menjelang pembukaan bursa saham China dan Hong Kong. Kemarin indeks acuan tersebut mengalami penurunan 9.4% dari level tertingginya yang tercatat Juli lalu, level penutupan terendah sejak 25 Maret lalu, hal itu sebagai sentiment dari Federal Reserve yang sedang mengkaji waktu guna menaikkan suku bunga dan melambatnya pemulihan ekonomi di Eropa yang memicu kekhawatiran bahwa pertumbuhan ekonomi global akan melambat.

Indeks Topix Jepang menguat 0.3% setelah yen turun 0.2% terhadap dollar. Indeks Kospi Korea Selatan catat gain 0.3% setelah rilis laporan menunjukkan tingkat pengangguran negara tersebut pada bulan lalu tidak berubah sebesar 3.5%. Indeks NZX 50 Selandia Baru menguat 0.4%. Indeks S&P/ASX 200 Australia melonjak 0.6%.

Rilis data hari ini diperkirakan akan menunjukkan harga konsumen China Septmber lalu melambat 1.7% dari awal tahun ini, terendah sejak Oktober 2012 lalu, menurut perkiraan rata-rata dari 47 survei ekonom oleh Bloomberg. Kemarin People Bank of China memangkas suku bunga pinjaman bagi persetujuan pembelian kembali selama 14 hari untuk kedua kalinya dalam sebulan terakhir sebagai upaya untuk menopang perekonomian. (bgs)

Sumber : Bloomberg