PT.SolidGoldSemarang~Saham Jepang menguat seiring pelemahan yen terhadap dolar setelah laporan pekerjaan AS yang lebih baik dari perkiraan mendorong kemungkinan bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunga pada bulan

depan.

Indeks Topix naik 0,8 % ke level 1,575.57 pada pukul 09:01 pagi waktu Tokyo, memperpanjang kenaikan sebesar 14 % dari level 8 bulan terendah sejak 29 September lalu. Indeks Nikkei 225 Stock Average menguat 0,7 % ke level 19,391.84. Sementara itu, Yen diperdagangkan pada level 123,22 per dolar setelah Jumat lalu melemah 1,1 % terkait data pekerjaan bulanan AS mengalami kinerja terbaik pada tahun ini memacu peluang untuk kenaikan suku bunga pada tahun 2015 sebesar 68 %.

Laporan pekerjaan Amerika di bulan Oktober melonjak tajam pada tahun ini, pertumbuhan upah diperluas dan tingkat pengangguran turun menjadi 5 %, laporan menunjukkan. Itu terjadi setelah Ketua The Fed Janet Yellen mengatakan ia melihat pengetatan kebijakan ekonomi dan pejabat bersiap untuk menaikkan suku bunga pada Desember mendatang.

Ekonomi AS setidaknya telah pulih dan keputusan untuk mempertahankan suku bunga mendekati nol pada bulan Oktober karena kekhawatiran, menurut John Williams, Presiden Federal Reserve Bank of San Francisco, mengatakan pada akhir pekan. Kemudian ia mengatakan kepada wartawan bahwa dia melakukan wait and see sebelum menentukkan prediksi tentang kenaikan suku bunga pada pertemuan The Fed selanjutnya pada 15-16 Desember di Washington. (knc)

Sumber : Bloomberg
baca Disclaimer