PT.SolidGoldSemarang~Saham Jepang jatuh akibat penguatan yen melebihi optimisme bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunga lebih lambat dari perkiraan sebelumnya.

Indeks Topix turun sebesar 0,1 persen ke level 1,580.67 pukul 09:02 di Tokyo, dengan tiga saham jatuh untuk setiap dua saham yang naik. Indeks saham Nikkei 225 Average tergelincir 0,1 persen ke level 19,516.70. Yen ditransaksikan pada level 120,09 pacsa menguat sebesar 1 persen terhadap dolar pada Rabu kemarin, menyusul pernyataan The Fed, yang mendorong penguatan saham AS.

The Fed mengatakan kenaikan suku bunga pertama dalam hampir satu dekade terakhir tidak mungkin untuk dilakukan pada bulan April dan tidak akan memperketat sampai “cukup yakin” dengan laju inflasi akan kembali menuju target bank sentral dan pasar tenaga kerja membaik lebih lanjut. Bank sentral juga telah menghilangkan pernyataan akan “bersabar” dalam menaikan suku bunga.

Pejabat otoritas the Fed menurunkan estimasi median mereka untuk suku bunga dana federal pada akhir 2015 menjadi 0,625 persen, dibandingkan dengan perkiraan Desember lalu di level 1.125 persen. Perkiraan median untuk akhir 2016 suku bunga akan turun menjadi 1.875 persen dari 2,5 persen, menurut Ringkasan triwulanan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) dari Proyeksi Ekonomi. (izr)

Sumber: Bloomberg
baca Disclaimer