Solid Gold SMG-Saham Jepang turun dan yen melemah ke level terendah dalam tujuh tahun terakhir pasca rilis laporan yang menunjukkan ekonomi Jepang secara tak terduga jatuh kembali ke dalam resesi.

Indeks Topix anjlok sebesar 0,7 persen ke level 1,391.09 pukul 09:02 pagi di Tokyo pasca catat penguatan ke level tertingginya pada akhir pekan lalu sejak Juni 2008. Indeks Nikkei 225 Stock Average turun sebesar 0,7 persen ke level 17,366.64 hari ini. Yen turun sebesar 0,5 persen ke level 116,93 per dolar.

Sebuah laporan yang dirilis pagi ini menunjukkan produk domestik bruto menyusut menjadi 1,6 persen tahunan untuk kuartal ketiga pasca di revisi turun sebesar 7,3 persen dalam periode sebelumnya. Perkiraan analis yang disurvei oleh Bloomberg adalah untuk ekspansi 2,2 persen.

Investor akan menimbang laporan hari ini untuk melihat apakah itu mempengaruhi kemungkinan bahwa Perdana Menteri Shinzo Abe akan menunda kenaikan pajak penjualan dan mengadakan pemungutan suara. Abe kemungkinan untuk memanggil suara untuk 14 Desember mendatang pasca menunda dorongan pajak tidak populer yang dijadwalkan untuk Oktober 2015 mendatang. (izr)

Sumber: Bloomberg

baca Disclaimer