PT.SolidGoldSemarang~ Saham Asia naik pada hari kelima seiring saham material dan perusahaan yang bergerak dibidang kesehatan mengalami kenaikan dan para investor menunggu keputusan kebijakan Bank of Japan (BOJ) dan merilis hasil pertemuan Federal Reserve.

Indeks MSCI Asia Pacific naik 0,1 % ke level 149,21 pada pukul 09:03 pagi waktu Tokyo. BOJ mengakhiri pertemuan selama 2 hari lalu hingga hari ini, sebanyak 34 ekonom yang disurvei oleh Bloomberg memperkirakan bank sentral Jepang akan mempertahankan rekor stimulus. Investor menunggu rilis hasil pertemuan The Fed guna menentukkan waktu kenaikan suku bunga AS setelah meningkatnya data payrolls memberikan tanda-tanda melemahnya pertumbuhan pada kuartal pertama di ekonomi terbesar dunia.

BOJ mungkin akan memperluas stimulus pada akhir Oktober mendatang, menurut 22 dari 34 ekonom yang disurvei oleh Bloomberg. BOJ akan melakukan pelonggaran kebijakan bank sentral untuk mencegah deflasi dan memicu pertumbuhan ekonomi. Sebaliknya, The Fed telah mengakhiri program pembelian obligasi dan sedang memikirkan kenaikan suku bunga pertama sejak 2006 silam.

Potensi pertumbuhan ekonomi dunia tidak akan segera kembali ke tingkat sebelum krisis keuangan investasi bisnis pada tahun 2008, meningkatnya urgensi bagi para pejabat untuk menambah permintaan, menurut Dana Moneter Internasional di World Economic Outlook yang dirilis hari Selasa. (knc)

Sumber : Bloomberg
baca Disclaimer