Paru-paru adalah salah satu organ penting yang dimiliki manusia. Dengan paru-paru manusia bernapas hampir setiap saat untuk bertahan hidup. Masalah pada paru-paru akan mengganggu jalan pernapasan seseorang dan bahkan bisa memicu kematian.

Setiap hari, paru-paru terpapar oleh berbagai polutan dan mikroba dalam udara yang kita hirup. Menjaga paru-paru agar tetap sehat tentu penting agar organ tubuh ini tetap berfungsi dengan baik dan bisa menyaring berbagai zat beracun yang masuk ke dalamnya.

Tak hanya dengan menggunakan masker atau menghirup udara yang lebih bersih, menjaga kesehatan paru-paru juga bisa dilakukan dengan memilih makanan yang tepat. Berikut adalah beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan paru-paru, seperti dilansir oleh Health Me Up (22/07).

1. Sayuran hijau
Sayuran hijau seperti brokoli, kembang kol, kale, kubis, dan lainnya adalah salah satu makanan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan paru-paru. Sayuran semacam ini diketahui bisa menurunkan risiko terkena kanker paru-paru. Sayuran tersebut mengandung klorofil yang bisa membersihkan dan membuat darah kaya akan antioksidan.

2. Apel
Apel tak hanya bisa menjauhkan Anda dari dokter, tetapi juga membantu menyehatkan paru-paru. Apel mengandung banyak vitamin E, C, dan flavonoid yang meningkatkan fungsi paru-paru. Orang yang makan apel beberapa kali setiap minggu memiliki paru-paru yang lebih sehat dibandingkan orang yang tidak mengonsumsinya.

3. Air
Minum air juga sangat baik untuk menjaga kesehatan paru-paru. Air membantu kelancaran aliran darah dari dan keluar paru-paru. Hal ini berarti air bisa membantu menghilangkan lendir yang terbentuk pada paru-paru serta menjaga paru-paru tetap terhidrasi. Selain itu, kurang minum air akan membuat paru-paru menjadi kering dan lebih mudah terkena iritasi.

4. Lemak ikan
Lemak ikan tak hanya baik untuk kecerdasan dan fungsi otak, melainkan juga paru-paru. Penelitian mengungkap bahwa omega-3 yang ada dalam lemak ikan merupakan nutrisi penting yang sangat diperlukan oleh paru-paru.

5. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan, baik kacang buncis, kacang tanah, ataupun biji-bijian yang kaya magnesium juga dibutuhkan oleh paru-paru. Magnesium merupakan mineral penting yang dibutuhkan oleh paru-paru agar bisa berfungsi dengan baik. Selain itu, magnesium juga penting untuk kesehatan jantung.

6. Wortel
Wortel bukan hanya baik untuk kesehatan mata, tapi ternyata juga bisa sangat bermanfaat untuk paru-paru. Wortel kaya vitamin A, C, lycopene, dan antioksidan yang baik untuk membantu kesehatan jantung. Mengonsumsi wortel juga ditengarai bisa menurunkan risiko terkena kanker paru-paru.

Itulah enam makanan yang bisa Anda konsumsi untuk menyehatkan paru-paru. Tak hanya perlindungan dari luar dengan memakai masker atau lainnya yang harus dilakukan. Perlindungan dari dalam dengan memenuhi nutrisi tubuh dan paru-paru juga wajib dilakukan agar organ penting tersebut tetap sehat dan berfungsi dengan baik.