SOLID GOLD BERJANGKA – Tahukah Anda bahwa dalam ilmu psikologi, rasa humor merupakan salah satu metode manajemen stress terbaik? Selera humor jarang disebut-sebut dalam seminar motivasi bisnis, padahal selera humor yang baik bukan hanya sekedar bahan hiburan atau bisnis dunia lawak. Selera humor adalah cara bagi kita untuk membina hubungan yang lebih baik dengan orang lain sekaligus membantu kita meringankan masalah dan membuatnya nampak lebih mudah untuk diatasi ketimbang jika masalah itu dihadapi dengan stress dan terlalu serius.

Selera humor sangat bermanfaat dalam berbagai aspek bisnis; Anda menggunakan humor untuk memecah kecanggungan dalam seminar atau perkenalan pertama dengan rekan bisnis baru. Anda menggunakan humor dalam berinteraksi dengan karyawan dan anggota tim agar suasana kerja tidak terlalu tegang.

Sebagai pribadi, humor diperlukan agar Anda bisa melihat bahkan aspek terburuk dalam bisnis dan hidup sebagai sesuatu yang bisa ditangani asalkan mau berpikir dengan cara berbeda dan tidak membiarkan diri sendiri putus asa karenanya. Hal ini sukses diterapkan oleh komedian Amerika Chris Rock, yang sukses menempuh jalan hidup berliku maupun isu sosial dan rasisme yang parah hingga akhirnya berhasil menjadi salah satu komedian terhebat Amerika.

 

Selera Humor, Senjata Menghadapi Kesulitan

Chris Rock bukan pebisnis, namun jalan hidupnya serta bagaimana ia menjalani hidup dapat menjadi contoh bagaimana menghadapi kesulitan hidup dengan selera humor sebagai dasar untuk motivasi bisnis. Chris Rock tumbuh di lingkungan kumuh dan putus sekolah sejak kelas 2 SMA dan bekerja selama beberapa tahun sebagai pencuci piring di sebuah restoran, menggunakan uangnya untuk membiayai proses penggodokan dirinya sebagai komedian sukses. Bukan hanya kemiskinan yang menderanya, melainkan juga masalah sosial yaitu rasisme. Sebagai orang kulit hitam, Chris sering menjadi korban perlakuan rasis bahkan setelah mulai menjajaki karir sebagai komedian sukses.

Chris Rock adalah orang yang memiliki selera humor di atas dan di luar panggung. Ia bahkan tak pernah ragu membawa pengalaman pahit masa lalunya ke atas panggung yang lalu dijadikan bahan komedi. Chris menertawakan masalahnya dan menjadikannya sebagai sesuatu yang membuat orang tertawa sembari diam-diam berpikir. Ia pun sukses membawakan komedi dengan tema pembahasan rasisme di Afrika Selatan yang pernah punya sejarah konflik ras, dimana ia mendapat penggemar baik dari kalangan kulit hitam maupun putih.

Jadi, selera humor Chris Rock bukan hanya motivasi bisnis yang baik, melainkan juga sebagai jembatannya untuk menghadapi dan berdamai dengan kegagalan, serta menyebarkan pesan tanpa menohok kepada orang lain. Hingga kini, lawakan bertema rasisme dan sindiran terhadap kondisi sosial ekonomi seperti yang pernah dialaminya pun masih menjadi tema komedi panggung yang laris.

 

Bagaimana Mengembangkan Selera Humor?

Menjadi pelawak sekelas Chris Rock? Belum tentu semua orang bisa. Akan tetapi, Anda bisa mulai mengasah diri menjadi pribadi yang mampu melihat sisi humoris dari setiap peristiwa tak mengenakkan. Caranya adalah dengan membiasakan diri berpikir di luar jalur nalar. dalam artian mampu melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang. Dengan melihat segala sesuatu dalam sudut pandang berbeda,

Anda akan mampu memulai cara berpikir yang tidak konvensional dan bahkah nyentrik, dan Anda pada akhirnya akan mampu mengembangkan selera humor yang khas Anda sendiri. Cara berpikir di luar kotak ini juga bisa berimbas pada kreatifitas, jadi selera humor pun membawa dampak positif. Jadi, jangan ragu memasukkan selera humor ke dalam motivasi bisnis yang patut Anda teladani, seperti Chris Rock.