PT.SolidGoldSemarang~Bank Sentral Swiss bersiap akan melakukan intervensi kembali terhadap pasar mata uang untuk menurunkan swiss franc jika hal itu dirasa perlu, hal itu diutarakan oleh Kepala Bank Sentral Swiss hanya 2 hari pasca menghapuskan batas nilai tukar kepada franc yang telah memicu lonjakan nilai pada mata uang tersebut.

Presiden SNB (Swiss National Bank) Thomas Jordan menyatakan bahwa bank sentral ditekan untuk membatalkan kebijakannya terkait mempertahankan nilai tukar minimal Swiss francs sebesar 1.20 terhadap euro yang dikarenakan berkembangnya ekonomi yang divergen dan banyaknya resiko dari operasi pembelian euro.

Bank sentral yang dalam hal ini SNB akan melanjutkan untuk memonitor situasi dan mengambil tindakan jika hal itu dirasa perlu, hal itu diungkapkan oleh Thomas Jordan saat wawancara dengan media cetak dari Swiss Neue Zuercher Zeitung.

Jordan menyatakan bahwa mata uang franc masih �amat tinggi.� Dia mengharapkan dengan dikeluarkannya suku bunga negatif oleh SNB guna menyebabkan daya tarik franc turun, akan tetapi menghiraukan pengendalian modal guna menurunkan permintaan akan mata uang tersebut. (bgs)

Sumber : MarketWatch
baca Disclaimer