Emas Terus Menguat Menuju Kenaikan Mingguan Terbesar – Solid Berjangka

Solid Berjangka Lampung – Berdasarkan data Bloomberg, pada perdagangan Jumat ( 27/12 ) hingga pukul 17.15 WIB, harga emas di pasar spot stabil di level US$ 1.511,72 per troy ounce. Sementara itu, harga emas di bursa Comex untuk kontrak Februari 2020 bergerak menguat 0,12 % menjadi US$ 1.516,2 per troy ounce.

Sepanjang pekan ini, harga emas telah bergerak menguat 1,78 %. Adapun indeks dollar Amerika Serikat ( AS ) yang mengukur kekuatan greenback di hadapan sekeranjang mata uang utama bergerak melemah 0,31 % menjadi 97,234.

Harga emas masih bertahan di zona hijau setelah naik ke level tertingginya dalam 2 bulan terakhir, menuju kenaikan mingguan terbaik dalam lebih dari 4 bulan.
Analis Pasar Asia Pasifik Oanda Jeffrey Halley mengatakan emas berhasil menguat seiring dengan turunnya dollar Amerika Serikat dan investor yang cenderung melakukan lindung nilai terhadap risiko menjelang akhir tahun.

“ Ada risiko lindung nilai di pasar menjelang akhir tahun. Emas telah berhasil menembus US$ 1.485 per troy ounce yang kemungkinan memicu pembelian stop – loss dan mendorong emas menembus US$ 1.500 per troy ounce ketika volume perdagangan lebih rendah dari tingkat normal, ” ujarnya seperti dilansir dari Reuters, Jumat ( 27/12/2019 ).

Selain itu, emas berhasil menguat seiring dengan berita bahwa Rusia tengah mempertimbangkan untuk memperdalam investasinya terhadap emas. Menteri Keuangan Rusia Anton Siluanov menyampaikan pihaknya melihat investasi dalam logam sebagai lebih berkelanjutan dalam jangka panjang daripada dalam aset keuangan.

Ahli Strategi Pasar AxiTrader Stephen Innes menilai jika Rusia mulai memperdalam pembeliannya terhadap emas, maka Negeri Beruang Merah menjadi penyumbang utama permintaan di pasar emas dan akan secara signifikan mengurangi pasokan.

“ Ini adalah pendorong makro yang signifikan untuk emas, ” tuturnya.
Namun, katalis negatif yang membatasi kenaikan emas adalah optimisme pasar terhadap penandatanganan kesepakatan perdagangan Amerika Serikat – China, setelah Kementerian Perdagangan China mengatakan bahwa Beijing dan Washington berada dalam komunikasi yang erat.
Solid Berjangka

Sumber : market.bisnis