Rekomendasi Harga Emas 29 Mei 2020: Naik Karena Meningkatnya Keenggan Terhadap Resiko – Solid Berjangka

Solid Berjangka Lampung – Emas berjangka bulan Agustus diperdagangkan naik $ 10.70 per ons pada $ 1,737.50. Sementara emas Antam ditawarkan beli pada Rp. 908.000 ,- per gram, turun Rp. 1.000 ,-.

Pasar saham bervariasi pada perdagangan semalam, dengan saham – saham Eropa kebanyakan naik dan saham – saham Asia kebanyakan turun. Indeks saham Amerika Serikat juga mengarah bervariasi pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai. Keenggangan terhadap resiko meningkat di pasar, dengan pemerintah Cina telah meratifikasi apa yang dinamakan undang – undang keamanan nasional yang memperketat cengkeraman Cina daratan atas Hong Kong.

Harga emas diperdagangkan naik pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat dengan permintaan safe – haven kembali ke metal berharga setelah absen sejenak. Hubungan yang memburuk antaran Amerika Serikat dengan Cina kembali menjadi penggerak pasar.

Pergerakan ini telah semakin membuat Amerika Serikat marah sementara hubungan kedua negara memang sudah buruk. Sekretaris negara Amerika Serikat mengatakan bahwa Hong Kong tidak lagi otonom dari Cina, yang berarti Amerika Serikat bisa menghapus status perdagangan khusus bagi Hong Kong. Hal ini akan memberikan implikasi yang besar bagi banyak perusahaan Amerika Serikat yang melakukan usaha di Hong Kong.

Hubungan yang memburuk antara dua ekonomi terbesar di dunia itu dapat semakin memperparah aktivitas bisnis global, yang sudah berada di bawah tekanan kuat karena krisis akibat corona.

” Amerika Serikat dan Tiongkok memiliki perbedaan pendapat di banyak bidang. Ada perdagangan, dan ada penyelidikan tentang corona virus, dan sekarang perselisihan ini mengenai Hong Kong. Itu berita buruk bagi dunia karena merambah ke perdagangan,dan berdampak pada pertumbuhan global, ” papar Monex, mengutip seorang analis di CMC Markets.

Sekretaris Negara Amerika Serikat Mike Pompeo mengatakan pada hari Rabu ( 7/5/2020 ) bahwa Hong Kong tidak lagi memenuhi syarat untuk status khusus di bawah hukum Amerika Serikat, sementara Presiden Donald Trump mengatakan dia akan mengumumkan tanggapan minggu ini.

Amerika Serikat kemungkinan akan menanggapi undang-undang keamanan baru Tiongkok tentang Hong Kong. Di sisi lain, pelemahan ekonomi dan berlanjutnya suku bunga rendah juga mendukung emas.

Kenaikan selanjutnya dari harga emas akan berhadapan dengan “ resistance ” terdekat di $ 1,741.90 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $ 1,755.60 dan kemudian $ 1,789.00. Sedangkan penurunannya akan berhadapan dengan “ support ” terdekat di $ 1,720.00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $ 1,701.60 dan kemudian $ 1,696.49.
Solid Berjangka

Sumber : vibiznews & market.bisnis