SOLID GOLD – Penyebab Badan Lemas dan Kepala Pusing

SOLID GOLD LAMPUNG – Badan lemas kepala pusing merupakan kondisi dimana daya tahan tubuh sedang mengalami penurunan dan otak tidak lagi mampu untuk berkonsentrasi. Kondisi badan lemas kepala pusing adalah peristiwa yang umum diderita manusia tetapi muncul dari penyebab yang berbeda beda sehingga membutuhkan penanganan yang berbeda pula.

Penyebab dan pencegahan

1. Aktivitas berlebihan

Aktivitas yang terlalu berat atau olahraaga berlebihan dapat menyebabkan tekanan terhadap pembuluh darah diseluruh tubuh dan mengahmbata pasokan oksigen dalam darah yang menuju kepala. Kondisi ini dapat menyebabkan badan lemas kepala pusing yang bisa datang sewaktu waktu.

Pencegahan:

Jika tidak bisa menghindari aktivitas harian yang terlalu berat maka anda harus memiliki trik khusus agar stamina tetap stabil, Caranya membentuk jedah waktu beberapa saat untuk peregangan otot.

2. Telat makan

Telat makan adalah salah satu penyebab paling umum munculnya badan lemas kepala pusing, Tubuh selalu membutuhkan energi untuk melakukan aktivitas , Ketika asupan nutrisi tidak memadai maka energi yang dihasilkan tidak akan seimbang dengan tenaga yang telah dikeluarkan, Sehingga menyebabkan badan lemas kepala pusing.

Pencegahan:

Rubahkah pola makan anda dari sekarang dengan jalan makan tepat waktu 3 kali sehari yang jiia tidsak baias mengkonsumsi nasi pada pagi hari, Anda bisa menggantinya dengan segelas susu dan sepotong roti.

3. Makan berlebihan

Makan terlalu banyak dapat menekan dinding perut dan mengakibatkan ulu hati tidak nyaman dan mual mual. Kondisi ini akan mempengaruhi kestabilan aliran darah diarea rongga perut yang akhirnya akan meluas kearea organ lain misalnya aliran darah dikepala. Sebenarnya aliran darah diseluruh tubuh saling berhubungan dan akan mengalami gangguan jika salah satunya mengalami hambatan.

Pencegahan:

Agar nbadan lemas kepala pusimng tidak menyerang disiang atau sore hari maka jangan makan berlebihan ketika waktu makan telah tiba. Berhentilah sebelum perut benar benar kenyang agar rongga perut tidak mendapatkan tekanan yang anntinya mempengaruhi aliran darah diseluruh tubuh.

4. Stres

Stres adalah kondisi dimana suasana hati sedang dalam kondisi tidak stabil. Stres ringan atau berat mampu menghambat aliran darah dikepala sehingga menyebabkan ketegangan otot dan saraf yang memicu badan lemas kepala pusing.

Pencegahan:

Membiasakan diri untuk belajar menenangkan diri untuk upaya pengurangan stres. Strs yang semakin berkurang akan meningkatkan kelancaran alirn darah dikepala dan mempertahankan stamina tubuh lebih lama sehingg dapat terhindar dari masaalah badan lemas kepala pusing.

5. Kurang tidur

Badan lemas kepala pusing sangat mudah muncul ketika seseorang kutrang tidur. Kurang tidur menyebabkan sel darah merah berkurang, Pembuluh darah mengalami sumbatan dan tekanan yang berulang dan pasokan darah yang berisi oksigenpun tidak memadai sehingga energi yang cukup didalam tubuh gagal terbentuk. Hal inilah yang menyebabkan seseorang mengalami penurunan stamina.

Pencegahan:

Tidurlah tepat waktu agar energi terkumpul pada keesokan harinya sehingga terhindar dari kasus badan lemas kepala pusing. Kurang rtidur dapat mengurangi sel darah merah dan putih, Menurunkan daya tahn tubuh dan menyumbat darah yang mengalir dipembuluh darah seluruh tubuh.

6. Terserang anemia

Penyakit anemia merupakan penyebab badan lemas kepala pusing yang bisa sangat berbahaya ketiuka anemia telah masuk kategori anemia kronis. Kurangnya sel darah merah yang telah terbentuk biasanya diikuti dengan menurunnya tekanan darah. Keadaan inilah yang menyebabkan seseorang tidak memiliki produktivitas yang memadai saat melakukan aktivitas.

Pencegahan:

Anemia dapat dicegah dengan rajin mengkonsumsi sayuran serta buah segar yang diiringi demngan pemakaian suplemen zat besi yang telah direkomendasikan dokter yang terkait.

7. Dampak obat obatan

Pemggunaan obat obatan secara sembarangan dan tanpa anjuran dokter dapat menekan pembuluh darah, Meracubi darah dan mencederai saraf saraf tubuh termasuk pembuluh arteri disepoutar kepala. Kondisi inilah yang menyebabkan badan lemas kepala pusing yang cenderung muncul secara berulang.

Pencegahan:

Gunakan obat obatan sesuai dengan anjuran dokter atau yang telah disesuaikan dengan kondisi tubuh melalui serangkaian pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh tim kesehatan.

8. Tubuh dehidrasi

Tubuh yang kekurangan cairan dapat melemahkan semua fiungsi organ tubuh dan menghambat peredaran darah diseluruh tubuh, Saat tubuh kurang cairan dan darah tidsak lanacar yuntuk disebarkan keseluruh tubuh maka badan lemas kepala pusing tak dapat lagi dihindari.

Pencegahan:

Minumlah air putih setidaknya 7 sampai 8 liter perhari agar terhindar dari dehindrasi. Minumlah air putih sebelum anda benar benar merasa haus, Karena kasus kehausan yang telah muncul adalah tandaa awal bahwa tubuh telah terserang dehidrasi ringan.

9. Faktor usia

Usia menentukan porsi kekuatan dan energi seseorang ketika beraktivitas, Semakin tua usia seseorang maka akan semakin rentan terjadi penurunan daya tahan tubuh, Penurunan fungsi oragn tubuh dan mudah mengalami kelelahan. Ketika lelah muncul maka akan muncul pula badan lemas kepala pusing.

Pencegahan:

Mengurangi aktivitas yang memakan energi terlalu banyak, Tidur yang cukup, olahraga ringan yang teratur dan mengkonsumsi makanan sehat berstandar 4 sehat 5 sempurna.

10. Infeksi dalam tubuh

Infeksi bakteriu atau virus yanfg menyerang salah satu organ tubuh dapat mempengaruhi metabolisme dan menurunkan daya tahan tubuh. Kondisi tersebut dapat memicu munculnya badan lemas kepala pusing berkepanjangan.

Pencegahan:

Mengobati infeksi yang terjadi didalam organ tubuh sampai benar benar sembuh agar tubuh kembali memiliki energi dan stamina yang memadai.

11. Kurang asupan nutrisi

Tubuh yang kurang gizi atau kurang asupan nutrisi seimbang dalamn jangka pendek atau panjang bisa menyebabkan fungsi pembuluh darah jadi menurun, Aliran darah tidak lancar dan daya tahan tubuh terancam mengalamu penurunan secara dratis. Kondisi ini sudah tentu menyebabkan badan lemas kepala pusing.

Pencegahan:

Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat, Mineral magnesium, kalsium, Protein tinggi, karbohidrat ringan dan zat besi sangat baik untuk mempertahankan energi, Stamina dan daya tahan tubuh.

12. Alkohol dan merokok

Alkohol dan merokok berlebihan beresiko menghambat aliran darah, Meracuni darah yang akan disebarkan ke seluruh tubuh dan menekan pembuluh darah sekitar kepala penyebab badan lemas kepala pusing.

Pencegahan :

Mengurangi atau tinggalkan alkohol dan kebiasaan merokok ahgar tubuh senantiasaa tidak mudah lelah, Menderita sakit kepla atau penurunan daya tahan tubuh.

13. Kurang olahraga

Melakukan olaharaga ringan dengan durasi hanya 30 menut saja dengan teratur adalah lebih baik daripada melakukan olaharaga berat dengan durasi panjang tetapi hanya sesekali saja dilakukan. Olahraga teratur mampu melancarkan pembuluh darah, Menghilangkan ketegangan otot dan saraf disekitar kepala dan meningkatkan produksi darah yang berisi oksigen untuk dipompa jantung kemudian dialirkan ke seluruh tubuh.

Pencegahan:

Melakukan olahraga ringan yang disukai secara teratur dan konsisten serta diimbangi dengan peregangan yang cukup agar terhindar dari badan lemas kepala pusing ketika sedang melakukan aktivitas.

14. Tidur berlebihan

Tidur terlalu lama atau berlebihan dapat mengakibatkan aliran darah tidak lancar, Stamina tubuh mudah berkurang dan tidak melatih saraf serta otot tubuh agar tetap siaga dalam kondisi terbaiknya. Keadaan ini dapat menyebabkan badan lemaas kepala pusing .

Pencegahan:

Tidurlah tepat waktu dengan jadwal bangun yang teratur agar badan tetap daalam kondisi terbaiknya. Tidak lupa untuk membiasakan diri minum air putih sebelum dan sesudah bbangun tidur agar aliran darah semakin lanacar dan ketegangan otot kepala berkurang sehingga badan lemas kepala pusing tidak perlu terjadi.
SOLID GOLD

Sumber : Halosehat