SOLID GOLD BERJANGKA – Ali Adrian dipastikan akan terjun dikelas WSSP 300 andalkan Yamaha YZF-R3

SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG – Brosis sekalian….setelah lama tidak ada BERITA kiprahnya di ajang Moto3, bisa dipastikan bahwa pembalap tanah air KITA yaITU Ali Adrian akan terjun di kelas WSSP 300. Ali masuk dalam urutan ke-18 dari 35 starter yang berpartisipasi diajang balap ini.

Ali Adrian menempati urutan 18 dari 35 starter yang akan berpartisipasi di ajang WSSP 300. Pembalap yang sempat dirumorkan di Moto2 namun tidak ada kabar tersebut dipastikan akan membalap dengan mengandalkan Yamaha YZF R3. Ali sendiri sejauh ini belum memberikan keterangan apapun kangbro perihal kiprahnya di WSSP 300. Yang jelas dari registrasi yang dishare FIM, doi membalap dibawah panji Pertamina Racing Team. Sik-Sik…sampeyan reti WSSP 300 ora?. Jadi gini Brosis, WSBK adalah balap motor basis produksi massal, bukan prototype seperti halnya Motogp. Karena melihat tren pasar 600cc kebawah, pihak otoritas pun memiliki ide membuka kelas ini dengan label WSSP 300.

Sebagai kelas baru ada kualifikasi khusus yang diikuti pembalap dimana minimum harus berusia 15 tahun. Seluruh motor yang berpartisipasi juga dibawah homologasi FIM.

Motor spesifikasi racing berbasis produksi massal. Ada beberapa aturan mengenai berat serta limiter (Rev RPM) untuk memastikan kompetisi berlangsung dengan adil. Sejauh ini hanya ada 3 pabrikan yang ikut dalam ajang WSSP 300 yaitu Yamaha, Kawasaki serta Honda. Di kelas 300cc sepertinya akan terjadi rivalitas yang cukup sengit antara Kawasaki vs Yamaha. Bisa kita lihat hadirnya Ninja 300 serta YZF R3.

Sementara untuk Honda, karena tidak memiliki motor 300cc dua silinder, maka yang digunakan adalah CBR500. Waahh…koq gaa adil?. Tenang Brosis, mereka sudah dihadang beberapa regulasi yang bakal mengebiri tenaga sang kuda besi contohnya dari pembatasan RPM, pengaturan berat plus kompon ban yang lebih keras. Rumornya KTM sebenarnya sempat mau turun dengan RC390. Tapi tahun ternyata belum terealisasi. Untuk sponsor utama ban masih dipegang oleh Pirelli seperti halnya dikelas supersport 600 ataupun superbike 1000.

PT SOLID GOLD BERJANGKA

Terakhir, belum jelas apakah Ali Adrian-Pertamina Racing Team bakal disupport oleh Yamaha Indonesia. Sejauh ini sih masih negatif cak kayaknya. Yang pasti kita memiliki satu rider tanah air yang akan berkompetisi di ajang WSSP 300 musim ini. Kita tunggu saja Apakah Ali Adrian diatas R3 mampu berbicara melawan para pembalap luar negeri yang kebanyakan dihuni oleh Rider Italia, Belanda, Jerman, Brazil, Turki serta Spanyol. Menarik ki cak. Nah….untuk lebih lengkapnya, monggo intip wae daftar peserta WSSP 300 yang akan berlaga musim ini.
SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : Iwanbanaran