SOLID GOLD BERJANGKA – Bursa Eropa Akhir Pekan Tertekan Teror Nice; Mingguan Masih Naik 3 %

SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG – Bursa Saham Eropa ditutup sebagian besar lebih rendah pada akhir perdagangan akhir pekan Jumat malam, menyusul serangan teror di Perancis yang menewaskan sedikitnya 84 orang.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 datang ditutup turun sebesar 0,25 %. Namun masih naik 3,2 % secara mingguan.

Indeks FTSE berakhir pada posisi 6.669,24, naik 14,77 poin atau 0,22 %

Indeks DAX berakhir pada posisi 10.066,90, turun -1,40 poin atau -0,01 %

Indeks CAC berakhir pada posisi 4.372,51, turun -13,01 poin atau -0,30 %

Indeks IBEX 35 berakhir pada posisi 8.531,00, turun -21,30 poin atau -0,25 %

Kamis, seorang pria mengendarai truk besar dengan kecepatan tinggi menerobos kerumunan di Nice, Prancis, selama perayaan Hari Bastille. Presiden Prancis Francois Hollande memperpanjang keadaan darurat di Perancis selama tiga bulan dan mengatakan mengatakan serangan itu berasal dari teroris.

Berita tersebut membebani sentimen investor yang sudah rapuh di Eropa, yang mulai pulih setelah diplihnya perdana menteri baru di Inggris Raya.

Saham Sektor Wisata dan Rekreasi berbalik lebih rendah pada berita serangan. Kelompok hotel perancis Accor ditutup sekitar 3 % lebih rendah dan Air France-KLM turun 1,6 %. Maskapai penerbangan lain seperti Easyjet, Ryanair dan IAG juga ditutup melemah.

Swatch Grup memperingatkan pada hari Jumat bahwa laba semester pertama akan jatuh 50 sampai 60 % dan mengatakan serangan di Nice akan menempatkan tekanan tambahan pada penjualan dalam waktu dekat. Saham Swiss pembuat jam tangan mewah turun hingga 12 % sebelum menahan beberapa kerugian, menutup 7,8 % lebih rendah.

Laporan Swatch ini juga menyeret saham saingannya pembuat jam Swiss Richemont, yang ditutup lebih dari 3 % lebih rendah.

Bursa Eropa diperkirakan akan bergerak positif dengan meredanya kekuatiran serangan di Nice, Perancis dan gagalnya kudeta di Turki.
SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG

Sumber : Vibiznews