SOLID GOLD BERJANGKA – Bursa Eropa Kompak Menguat Merespons Reli Harga Minyak

SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG – Meskipun bursa Asia ditutup bervariasi, bursa saham Eropa dibuka menguat cenderung mendatar pada perdagangan Senin, seiring reli harga minyak dan berita perusahaan menggerakkan pasar di tengah minimnya faktor fundamental dan volume perdagangan yang mini.

Dari sektor korporasi, perusahaan ritel Swedia H & M melaporkan capaian penjualan yang naik 10 % di bulan Juli lalu lebih baik dari proyeksi. Sementara saham perusahaan keamanan Inggris G4S mengalami reli setelah perusahaan mengangkat Tim Weller sebagai direktur keuangan dan juga seiring Deutsche Bank dan Credit Suisse menaikkan target harga saham.

Sementara, indeks DAX 30 bursa Jerman meningkat +0,73 % ke 10.790, disusul indeks FTSE 100 di Bursa London yang naik +0,32 % ke level 6.940. Dari Perancis, indeks CAC 40 melaju +0,60 % ke level 4.527, sedangkan di bursa pan-European Euro Stoxx 50 index meningkat +0,56 % ke 3.064.

Perhatian pelaku pasar saat ini tertuju pada rilis data ekonomi dan FOMC meeting pada pekan depan.

Harga minyak menguat lebih lanjut di sesi perdagangan Asia pada hari Senin karena masih terbawa sentimen pekan lalu terhadap prospek OPEC akan membatasi atau menstabilkan produksi.

Harga minyak WTI untuk kontrak September naik 0.99 % ke level $44.93 per barel.

Harga minyak miliki level support terdekat di $44.35 dan level resisten di $45.40.

Dalam sepekan kedepan, para trader minyak akan fokus terhadap data cadangan AS yang akan dirilis pada hari Selasa dan Rabu untuk sinyal terbaru pasokan dan permintaan.

Pekan lalu, harga minyak naik untuk hari kedua beruntun pada hari Jumat, berakhir di level tertinggi tiga pekan karena investor yang terus mengcover posisi short mereka setelah menteri perminyakan Arab Saudi memberi petunjuk bahwa kerajaan dapat terbuka untuk berdiskusi pada bulan depan yang bertujuan untuk menstabilkan pasar.

SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG