SOLID GOLD BERJANGKA – Kepanikan Dampak Brexit Berhasil Diredam, Bursa Global Untung Lagi

SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG – Pasar keuangan global masuki hari ketiga pekan ini (13/7) mulai menunjukkan semaraknya dengan rally bursa saham global, merespon beberapa sentimen positif pasar yang menopangnya. Dan sentimen yang paling kuat datang dari pudarnya kepanikan dampak Brexit di Inggris yang membayangi kondisi ekonomi global.

Pudarnya kepanikan tersebut terjadi setelah kepastian kondisi politik di negeri tersebut yang 3 pekan terakhir alami kondisi yang tidak jelas ceria kembali oleh terpilihnya calon pengganti PM David Cameron yang mengundurkan diri setelah hasil referendum Brexit mendukung Inggris keluar dari Uni Eropa. Hari ini Inggris akan memiliki PM baru setelah Cameron menyerahkan jabatannya kepada Theresa May. Pasar optimis seorang Theresa May dapat membuat suatu perubahan yang baik bagi Inggris dibawah pemerintahannya.

Kepanikan dampak Brexit juga semakin bertambah setelah Gubernur BOR Mark Carney dihadapan parlemen Inggris menyatakan tidak akan terjadi krisis moneter di negeri tersebut pasca Brexit seperti yang terjadi pada tahun 2008-2009. Mark Carney menyatakan bank sentral akan meredam ketidakstabilan yang muncul dampak dari Brexit.

Kondisi terkini yang terjadi di Inggris tersebut memberikan kepastian pada pelaku pasar global untuk mengkoleksi kembali aset investasi berdenominasi poundsterling dan juga mitranya mata uang euro. Selain memperkuat nilai mata uang kawasan Eropa tersebut, bursa saham juga menjadi incaran pasar saham setelah sempat jatuh di harga yang lebih rendah.

Sebelumnya kondisi pasar keuangan global menjadi sangat volatile merespon ketidak pastian kondisi ekonomi global merespon keputusan Inggris keluar dari Uni Eropa, akibatnya perdagangan saham global menjadi buntung demikian juga dengan pasar valas Eropa. Seperti yang pernah diberitakan dampak Brexit telah membuat kurs pound dan euro anjlok parahnya, khususnya poundsterling yang terjun ke posisi terendah dalam 31 tahun atau anjlok 14 % lebih dalam 2 pekan.

Dampak positif kondisi politik di Inggris dan sikap BOE diatas diharapkan terus konsisten mempengaruhi pasar global sehingga memberikan gelombang perdagangan yang sehat dan menguntungkan banyak pelaku pasar global baik forex, saham, obligasi dan juga komoditas.
SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : Vibiznews