SOLID GOLD BERJANGKA – 2 Penyebab Ambruknya Dollar ke Posisi Terburuk 2 Pekan

SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG – Dollar AS yang menerima pukulan keras akhir pekan lalu dari data NFP bulan Agustus masih belum menunjukkan pemulihan hingga hari kedua pekan ini (6/9), dimana indeks dollar anjlok parah ke posisi terendah dalam 9 hari perdagangan bahkan pelemahan harian terburuk dalam 27 hari.

Dollar AS memperpanjang kerugiannya terhadap mata uang utama lainnya pada hari Selasa, setelah data menunjukkan bahwa aktivitas di sektor jasa AS tumbuh pada laju yang lebih lambat daripada perkiraan di bulan Agustus yang meredam ekspektasi lebih lanjut untuk kenaikan suku bunga AS sebelum akhir tahun ini.

Terhadap euro, dollar melemah sekitar 0.74 % di level 1.1232 pada pukul 22:18 WIB.

Pelemahan dollar terhadap semua rival utamanya semakin parah setelah pemerintah melaporkan kinerja bisnis sektor jasa Amerika Serikat bulan Agustus yang lebih rendah dari periode bulan sebelumnya dalam indikator ISM Non-Manufacturing PMI. Data tersebut turun ke skor 51,4 dari 55,5 periode bulan Juli.

Selain data ISM tersebut, Federal Reserve juga melaporkan kondisi pasar tenaga kerja AS dari 19 indikator yang ada. Dan laporan Fed tersebut, penilaian dari semua indikator tersebut menunjukkan skor yang lemah sekali dari periode bulan sebelumnya. Labor market Conditions Index jatuh ke -0,7 dari 1,3.

Kedua data ini menambah serangkaian data yang melemahkan ekspektasi kenaikan Fed rate dalam pertemuan FOMC bulan September. Kondisi ini membuat nilai dollar AS terhadap semua rival utamanya tertekan, khususnya perdagangan semalam yang mengangkat tinggi semua rival utamanya hingga naik diatas 1 %.

Indeks dolar yang mengukur kekuatan dollar AS terhadap enam mata uang utama dunia anjlok 0,96 % ke posisi 94.80 setelah perdagangan sebelumnya berada pada posisi 95,76.

The Institute of Supply Management melaporkan bahwa indeks manajer pembelian di sektor jasa turun ke level 51.4 pada bulan lalu dari 55.55 di bulan Juli. Sebelumnya analis perkirakan indeks akan turun ke 55.00.

Data tersebut datang setelah data kerja yang pesimis yang dipublikasikan pada hari Jumat yang merusak ekspektasi untuk kenaikan suku bunga yang akan datang oleh Federal Reserve.
SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG

Sumber : Vibiznews