SOLID GOLD BERJANGKA – Kekuatan Dollar AS Selasa Pagi Terima Kekuatan Dari Lawannya

SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG– Mengakhiri perdagangan forex awal pekan beberapa jam lalu (30/8) dollar AS tidak berhasil kuasai semua mata uang dunia, dimana terhadap rival utamanya banyak melemah seperti terhadap euro, yen, aussie dan swissfranc. Pernyataan hawkish beberapa pejabat Fed akhir pekan lalu tidak mampu membuat dollar lanjut rally, demikian juga data ekonomi yang positif semalam.

Penguatan dollar AS berhenti sejenak pada perdagangan Selasa setelah mengalami penguatan dua hari, disebabkan investor menunggu apakah data ketenagakerjaan AS (Non Farm Payroll/NFP) akhir pekan ini akan memperkuat pesan hawkish petinggi bank sentral AS, Federal Reserve baru-baru ini.

Indeks dollar, yang melacak nilai greenback terhadap enam mata uang utama global lainnya, saat ini pukul 13.37 WIB di 95,79, di bawah level di sesi sebelumnya 95,834 yang merupakan level tertinggi sejak 12 Agustus

Namun demikian level itu tetap masih lebih baik dari level di Jumat 94,246.

“Indeks DXY Dolar AS turun kembali dari peningkatan pada semua mata uang global kemarin karena pasar akan terus menyesuaikan situasi terutama karena mereka menunggu data non-farm payrolls yang akan keluar pada hari Jumat,” ujar Angus Nicholson, analis pasar di IG di Melbourne.

Laporan kerja diperkirakan menunjukkan peningkatan dari 180.000 pekerjaan pada bulan Agustus, menurut estimasi median dari 89 ekonom yang disurvei oleh Reuters, angka ini di bawah dari perkiraan 255.000 penambahan pada bulan Juli dan 292.000 keuntungan pada bulan Juni.

Data ekonomi AS pada hari Senin menunjukkan belanja konsumen naik untuk bulan keempat berturut-turut, menunjuk ke sebuah kenaikan pertumbuhan yang bisa membuka jalan bagi The Fed untuk menaikkan suku bunga akhir tahun ini

Para pelaku pasar mempertimbangkan kembali komentar Janet Yellen akhir pekan lalu dimana kenaikan suku bunga bisa terjadi bulan depan ataupun bulan berikutnya, dan mengkhawatirkan laporan NFP pekan ini dapat menundanya kembali.

Sentimen positif semalam datang dari positifnya data ekonomi yang dirilis seperti tingkat pendapatan dan belanja pribadi warga AS naik sejalan dengan perkiraan ekonom di bulan Juli. Departemen Perdagangan melaporkan tingkat pendapatan pribadi naik 0,4 % pada bulan Juli setelah naik 0,3 % pada Juni. Demikian juga tingkat pengeluaran pribadi naik 0,3 % pada buli Juli menyusul kenaikan 0,5 % pada bulan Juni.

Untuk pergerakan hari ini dollar AS dapat menerima angin segar jika penggerak fundamental harian rival-rivalnya sesuai dengan yang diperkirakan yaitu menunjukkan data yang negatif. Karena pada sesi Amerika data fundamental yang ada dapat memberikan sentimen negatif bagi laju diawal sesi Asia pagi ini.Malam ini akan dirilis data sentimen konsumen berdasarkan survey CB.

Indeks dolar yang mengukur kekuatan dollar AS terhadap enam mata uang utama perdagangan bergerak kuat setelah awal perdagangan sesi Asia dibuka kuat pada posisi 95.55 dan pagi ini bergerak pada posisi 95.63. Perdagangan sebelumnya dollar melemah tipis dan nyaris flat.
SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG

Sumber : Vibiznews