SOLID GOLD BERJANGKA – Kebijakan ECB Diharapkan Dukung Masyarakat Kebijakan ECB Rate Membatasi Rebound Euro Sesi Asia 21 Juli

SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG – Ditengah perdagangan forex sesi Asia hari Kamis (21/7), kurs euro berusaha rebound dari pelemahan 2 hari berturut akibat buruknya data ekonomi kawasan satu mata uang tersebut. Usaha rebound tampak terlihat oleh bargain hunting pasar yang harapkan ECB akan melonggarkan kebijakannya pada pengumuman ECB rate sore nanti.

Tekanan selama 2 hari berturut yang mendera euro terjadi oleh karena buruknya rilis data ekonomi kawasan Euro seperti halnya kemarin ada data current account yang surplusnya turun ke posisi terendah 3 bulan. Selain itu ada data consumer confidence oleh EU yang terjun ke area kontraksi dan juga lemahnya data PPI Jerman bulan Juni.

Untuk pergerakan sore ini, laju euro masih akan diuji oleh hasil pertemuan dewan kebijakan ECB hari ini yang nantinya akan menghasilkan kebijakan moneter terbaru. ECB diperkirakan masih akan bertahan di posisi suku bunga yang rendah.

Pergerakan kurs euro di sesi Asia (02:50:35 GMT/09.00 WIB) sedang bergerak positif terhadap dollar AS, setelah dibuka lebih rendah dari perdagangan sebelumnya pada 1.1016 di awal perdagangan (00.00 GMT), kurs Euro alami penurunan 2 pips dan nilai bergulir berada pada 1.1027.

Untuk perdagangan selanjutnya hingga penutupan perdagangan sesi Amerika yang berakhir besok pagi, analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair EURUSD dapat turun ke kisaran 1.0982-1.0954 jika rebound tidak sampai pada kisaran 1.1072.

SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG – MSCI Asia Pasifik Naik Kecuali Malaysia Alami Kegoncangan Akibat Korupsi

Bursa saham Asia naik ke tertinggi tahun ini sementara yen dan dolar Selandia Baru merosot ke posisi terendah enam minggu di tengah tanda-tanda pembuat kebijakan daerah sedang mempersiapkan untuk melepaskan stimulus pada saat pendapatan perusahaan terbukti lebih tangguh dari analis diantisipasi.

MSCI Asia Pacific Index naik 0,4 persen pada 10:50 waktu Tokyo. Topix naik sebanyak 1,2 %, dipimpin oleh keuntungan eksportir di tengah mundurnya yen. Indeks Hang Seng ditetapkan untuk memasuki pasar bull, setelah rebound 20 % dari terendah Februari.

Bursa saham Malaysia adalah satu-satunya bursa yang mengalami penurunan di Asia setelah jaksa AS mengatakan lebih dari $ 3,5 miliar dana pembangunan negara yang dikenal sebagai 1MDB (1 Malaysia Development Berhad) pada masa pemerintahan Perdana Menteri Najib Razak disalahgunakan. FTSE Bursa Malaysia KLCI Index turun 0,4 %.

Yen turun sebanyak 0,5 % menjadi 107,45 per dolar, sementara kiwi turun 0,8 %. Pemerintah Jepang sedang mempertimbangkan penggelontoran paket stimulus senilai ¥ 20 triliun, sekitar dua kali lipat dari rencana awal, untuk melawan dampak Brexit. Pelonggaran moneter lebih lanjut mungkin diperlukan untuk mengangkat inflasi, memperkuat ekspektasi dari suku bunga pinjaman yang akan dipotong bulan depan.

The Bloomberg Dollar Spot Index naik untuk hari kelima, menuju penutupan tertinggi sejak Mei. Lira Turki naik 0,2 %, setelah terjun ke rekor rendah pada hari Rabu.

S & P menurunkan peringkat utang negara ini dikarenakan kekhawatiran tentang peningkatan risiko politik setelah kudeta yang gagal pekan lalu dan saat ini pemerintah mengumumkan keadaan darurat karena mengejar mereka yang bertanggung jawab.

SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG

Sumber : Vibiznews