SOLID GOLD BERJANGKA – Outlook Emas dan Perak Minggu Ini

SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG – Walaupun laporan NFP terakhir memberikan kenaikan pekerjaan yang jauh lebih daripada yang diperkirakan – 287.000 dibandingkan dengan outlook sebesar 175.000 – pasar bullion tidak bereaksi banyak secara negatif. Kelihatannya penurunan yang berkelanjutan di tingkat bunga mendorong pemulihan di harga emas. Fokus minggu ini akan kembali ke Inggris dengan BOE akan memutuskan kebijakan moneternya. Berita ini bukan saja bisa menggoncangkan Poundsterling Inggris tetapi juga pasar lainnya termasuk komoditi dan saham. Berita-berita dan laporan utama yang dicari orang di AS termasuk: Penjualan eceran, JOLTS, sentimen konsumen, CPI dan produksi industri. Mari kita lihat outlooknya terhadap emas minggu ini.

Laporan NFP menunjukkan kenaikan yang kuat di dalam jumlah pekerjaan, tetapi indikator lainnya tidaklah terlalu impresif termasuk pertumbuhan di dalam upah – pertumbuhan bulanan sebesar 0.1 % pada saat pasar memperkirakan partum buhan sebanyak 0.2 %. Tetapi secara keseluruhan harga emas mengalami sedikit penurunan pada hari Jumat minggu lalu sementara harga perak terus naik.

SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG

Dan kedua-duanya baik emas maupun perak naik 1.4 % dan 2.6 % sepanjang minggu yang lalu. Pasar kemungkinan akan terus menggali laporan NFP, yang bisa merintangi kenaikan harga emas dan perak. Demikian juga halnya apabilan laporan yang akan datang termasuk penjualan ritel, sentimen konsumen dan JOLTS mengatasi perkiraan pasar, hal ini bisa menunjukkan bahwa ekonomi AS tidaklah terlalu buruk dan akan menggeser kembali sentimen pasar ke lingkungan yang mengandung resiko. Tetapi untuk emas, isu yang utama tetaplah bagaimana nasibnya dengan rencana the Fed menaikkan tingkat bunga dan untuk sekarang mereka diperkirakan akan meredamnya.

Walaupun laporan NFP baik, pasar masih memberikan kesempatan buat Fed untuk menaikkan tingkat suku bunga walaupun kemungkinannya sangat kecil. Menurut Fed watch, sampai akhir minggu ini, kemungkinan kenaikan tingkat bunga di bulan Juli masih 1.2 % untuk bulan September, 1.1 % untuk bulan Desember sedikit naik tetapi masih rendah di 24 %.

Perkiraan-perkiraan ini menunjukkan pasar masih mengharapkan inflasi yang rendah dan tingkat bunga yang rendah di dalam jangka pendek yang bisa membantu menaikkan harga emas dan perak pada bulan-bulan yang akan datang.

SOLID GOLD BERKJANGKA LAMPUNG

Di Eropa, event utama adalah keputusan tingkat bunga oleh BOE. Saat ini pasar memperkirakan penurunan tingkat bunga sebanyak 25 basis poin, yang bisa sedikit membawa turun GBP. Tetapi setiap penambahan stimulus, apakah menurunkan tingkat bunga, atau memberikan lebih banyak QE, bisa membuat turun GBP terhadap matauang utama dunia lainnya. Jika BOE tidak memberikan stimulus tambahan, hal ini bisa memberikan pengaruh yang kuat terhadap pasar dan mendorong poundsterling Inggris naik. Buat emas dan perak, apa pun juga, kejutan dari BOE akan bisa menaikkan kekuatiran di pasar yang akan membawa harga emas dan perak naik.

Secara ringkas, angka utama dari NFP yang baik, tidak memperlambat dan membuat turun harga emas. Dan memperhitungkan tingkat bunga yang terus jatuh, emas dan perak kemungkinan tetap mempertahankan tren naik mereka. Dan perlu di catat bahwa BOE bisa mengguncangkan pasar terutama jika BOE mengejutkan pasar dan memperkenalkan stimulus yang tidak terduga atau sebaliknya tidak melakukan apa-apa. Terakhir, jika data ekonomi yang akan datang pada minggu ini dari AS menunjukkan hasil yang lebih baik daripada yang diperkirakan, hal ini bisa menghambat kenaikan harga emas dan perak.
SOLID GOLD BERKJANGKA LAMPUNG

Sumber : Vibiznews