SOLID GOLD BERJANGKA – Harga Emas Naik Pasca Keputusan The Fed Pertahankan Suku Bunga Tetap

SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG – Diperkirakan harga emas bergerak naik jika pelemahan dollar Amerika Serikat berlanjut. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,260.00-$ 1,265.00, namun jika harga bergerak turun akan menembusa kisaran Support $ 1,253.00-$ 1,251.00.

Harga emas menurun seiring menguatnya dollar Amerika Serikat jelang rilis pernyataan FOMC Kamis dini hari nanti. Dolar naik karena pasar berekspektasi adanya pengumuman dari Federal Reserve mengenai pelaksanaan program normalisasi neraca the Fed mulai musim gugur mendatang.

Program normalisasi adalah pengurangan obligasi koleksi the Fed senilai 4 triliun dollar Amerika Serikat, hasil dari program pembelian kembali obligasi Amerika Serikat di pasar selama program quantitative easing untuk memacu ekonomi Amerika Serikat yang lesu.

Selain itu faktor penguatan aset berisiko membuat investor melepas aset safe haven seperti emas. Menguatnya harga minyak sejak Senin memicu kenaikan harga saham sehingga menopang harga saham di bursa global. Investor pun tertarik pada aset berisiko yaitu saham dan juga memegang dollar Amerika Serikat, mata uang denominasi emas.

Saat penulisan, harga emas diperdagangkan di $1246.34 per troy ons, atau turun 0,27 % dari level penutupan Selasa.

Harga Emas naik pada akhir perdagangan Kamis dinihari tadi setelah keputusan Federal Reserve Amerika Serikat mempertahankan suku bunga tidak berubah.

Harga emas spot LLG berakhir naik 0,52 % menjadi $ 1,255.09 per ons.

Harga emas berjangka Amerika Serikat untuk pengiriman Agustus naik 0,22 % menjadi $ 1,254.70 per ons.

Investor juga mencari petunjuk tentang langkah bank sentral berikutnya. Komite Pasar Terbuka Federal mengeluarkan sebuah pernyataan yang berisi bahasa kunci yang menunjukkan tingkat pergerakan ke atas pada bulan September.

Ungkapan “relatif cepat” adalah inti dari pernyataan tersebut. Pengamat Fed telah mencari bahasa untuk berubah dari “tahun ini,” seperti yang ditunjukkan berikut pada pertemuan bulan Juni, untuk sesuatu yang lebih cepat.

Sementara itu, hasil perusahaan dan data ekonomi sebagian besar mengalami optimis akhir-akhir ini.

Survei bisnis Ifo Jerman pada hari Selasa juga menunjukkan kepercayaan diri, melonjak ke rekor tertinggi di bulan Juli, sementara tingkat kepercayaan konsumen A.S. melonjak mendekati level tertinggi 16 tahun, mendorong dolar.

Pedagang mengatakan posisi pendek dollar dipangkas pada hari Rabu menjelang keputusan kebijakan Federal Reserve.

Juga menimbang pada emas, kepemilikan pada SPDR Gold Trust, dana yang diperdagangkan di bursa emas terbesar di dunia, turun 1,13 % menjadi 800,45 ton pada hari Selasa dari 809,62 ton pada hari Senin.

Di logam mulia lainnya, perak naik 0,66 % pada $ 16,57 per ons.

Platinum naik tipis 0,38 % menjadi $ 927,00 per ons, sementara paladium naik 0,70 % menjadi $ 863,00 per ons.
SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : Vibiznews