SOLID GOLD BERJANGKA – Harga Emas Turun Terganjal Penguatan Dollar AS dan Bursa Wall Street

SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG – Harga Emas turun di bawah $ 1.350 per ons pada akhir perdagangan Jumat dinihari tadi tertekan penguatan dollar AS, dan penguatan bursa Wall Street yang menyentuh rekor tertinggi intraday, meskipun ketidakpastian atas prospek kebijakan moneter AS mencegah kerugian lebih lanjut untuk logam mulia ini.

Hari ini akan dirilis data ekonomi Tiongkok dan pertumbuhan ekonomi kuartal kedua beberapa negara Asia dan Eropa, yang diindikasikan mengalami penurunan. Jika terealisir dapat menumbuhkan kekuatiran perlambatan pertumbuhan ekonomi.

Indeks dolar AS naik 0,36 % terhadap sekeranjang mata uang, sedangkan indeks saham AS naik ke rekor tertinggi waktu intraday.

Harga emas spot emas turun 0,6 % pada $ 1,338.10 per ons.

Harga emas telah meningkat 27 % sepanjang tahun ini, sebagian besar pada harapan bahwa Federal Reserve AS akan menunda kenaikan suku bunga lebih lanjut.

Sedangkan harga emas berjangka AS untuk pengiriman Desember ditutup turun 0,1 % pada $ 1.350 per ons.

Sebuah jajak pendapat Reuters menunjukkan bahwa The Fed AS kemungkinan akan menaikkan suku pada bulan Desember setelah pemilihan presiden. Presiden Fed San Francisco John Williams mengatakan pekan ini bahwa bank sentral harus menaikkan suku bunga lanjutan tahun ini.

Namun, negara-negara lain semakin berupaya untuk meningkatkan stimulus. Reserve Bank of New Zealand memangkas suku bunga pada Kamis.

Sementara itu, paladium turun sebanyak 5 % menjadi $ 686,50 per ons setelah mencapai 14-bulan pada hari Rabu di $ 746,10 per ounce. Ini telah rally tajam di jam perdagangan tipis Asia pada Rabu, tampaknya sebagai investor yang memegang posisi pendek bergegas untuk menutup. Perak turun 0,37 % $ 19,99 per ons, sementara platinum adalah 2,69 % lebih rendah pada $ 1,140.50 per ons.

Diperkirakan harga emas akan berpotensi naik jika perlambatan pertumbuhan ekonomi global terealisir. Namun perlu dicermati dollar AS yang jika terus menguat dapat menekan harga emas. Harga emas diperkirakan menembus kisaran Resistance $ 1,340-$ 1,342, dan jika harga turun akan menembus kisaran Support $ 1,336-$ 1,334.
SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG

Sumber : Vibiznews