SOLID GOLD BERJANGKA – Harga Emas Akhir Pekan Naik; Kuartal Kedua Melonjak 9,75 %

SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG – Harga Emas naik 1 persen pada akhir perdagangan akhir pekan hari Jumat di AS dan menuju kenaikan mingguan kelima, didukung oleh melemahnya dolar dan prospek perluasan kebijakan moneter lebih lanjut yang dipicu keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa.

Permintaan safe-haven untuk logam mulia mendorong sebagian besar keuntungan karena investor bergerak cepat untuk melindungi diri terhadap ketidakpastian dalam Brexit.

Kekhawatiran atas proyeksi pertumbuhan global, komentar dovish dari Ketua Federal Reserve AS Janet Yellen dan permintaan ritel telah mendukung emas setelah keputusan Brexit minggu lalu.

Dolar AS jatuh 0,5 persen terhadap sekeranjang enam mata uang, sementara pasar saham Eropa pulih pada tanda-tanda bahwa bank sentral seperti Bank of England, Bank of Japan dan Bank Sentral Eropa akan melonggarkan kondisi moneter lebih jauh.

Harga emas spot berakhir 1,5 persen lebih tinggi pada $ 1,341.76. Logam mulia ini naik 8,8 persen pada Juni, kenaikan bulanan terbesar sejak Februari. Untuk kuartal kedua ini melonjak 9,75 persen.

Sedangkan harga emas berjangka AS untuk pengiriman Agustus ditutup naik 1,4 persen pada $ 1.339, dan terakhir naik 1,79 persen pada $ 1,344.20.

Penguatan emas menguntungkan perak, yang menembus tingkat $ 19 per ons untuk pertama kalinya sejak September 2014. Ini naik sebanyak 5 persen menjadi $ 19,64 dan diperdagangkan 4,9 persen lebih tinggi pada $ 19,61.

Spot perak berada di jalur untuk pekan terbaik sejak Agustus 2013 setelah memperoleh sekitar 11 persen sejauh ini.

Kekhawatiran tentang ekonomi global telah membuat kemungkinan kecil kenaikan suku bunga AS dalam beberapa bulan mendatang, analis mengatakan, tapi banyak akan tergantung pada data ekonomi AS dan pasar akan mencermati data non-farm payrolls pada tanggal 8 Juli sebagai petunjuk selanjutnya.

Sebuah laporan pekerjaan yang kuat dan revisi menguntungkan bagi data nonfarm payrolls Juni bisa memberikan dorongan kenaikan dollar AS dan melemahkan emas dan perak, setidaknya untuk sementara.

Suku bunga AS yang rendah adalah positif untuk emas karena biaya kesempatan memegang itu berkurang dan dolar biasanya jatuh, membuat logam lebih murah.

Societe Generale menaikkan perkiraan harga emas pada hari Kamis di tengah kekhawatiran tentang dampak politik, keuangan dan ekonomi yang sedang berlangsung setelah keputusan Brexit pekan lalu.

Platinum Spot mencapai level tertinggi sejak 18 Mei naik setinggi $ 1,060.90 per ons dan berada di jalur untuk kenaikan mingguan terbaik sejak Oktober tahun lalu.

Paladium Spot, menuju pekan terbaik sejak awal Maret, naik ke level tertinggi sejak 13 Mei di $ 605,40, dan naik 1.5percent di $ 603,90.

Pasar keuangan dan komoditas AS akan ditutup pada Senin untuk liburan Hari Kemerdekaan.

Harga emas pada perdagangan selanjutnya berpotensi naik dengan potensi pelemahan dolar AS dengan perkiraaan perlambatan kenaikan suku bunga AS dan belum ada fundamental positif yang mendukung. Harga emas diperkirakan menembus kisaran Resistance $ 1,344-$ 1,346, dan jika harga turun akan menembus kisaran Support $ 1,340-$ 1,338.

SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG

Sumber : Vibiznews