SOLID GOLD BERJANGKA – Harga Emas dan Perak Naik Mencapai Tertinggi 2 Tahun

SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG – Harga Emas naik pada perdagangan Senin karena kekacauan politik pasca keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa mendukung harga dan peningkatan aktivitas short-covering di Tiongkok telah mendorong harga emas kembali ke dua tahun tinggi pekan lalu.

Logam mulia mencapai puncak $ 1,357.60 per ons semalam, kurang dari $ 1 di bawah tertinggi bulan lalu tinggi, sebelum mereda kembali di bawah $ 1.350 per ons.

Perak juga diuntungkan dari lonjakan pembelian di Tiongkok yang naik lebih dari 7 persen, sempat menembus di atas $ 21 per ounce untuk pertama kalinya dalam dua tahun. Logam juga telah mendapatkan manfaat dari sinyal teknis yang kuat.

Harga emas spot naik 0,7 persen pada $ 1,351.35 per ons pada 1130 GMT, sementara harga emas berjangka AS untuk pengiriman Agustus naik $ 15,40 per ons pada $ 1,354.40.

Sedangkan harga perak naik 2,7 persen pada $ 20,29 per ons.

“Perak selalu bergerak lebih cepat dari yang lain,” kata analis ABN Amro Georgette Boele. “Ini lebih berkaitan dengan likuiditas. Ada momentum di pasar, emas sudah naik banyak, dan perak masih relatif murah. Hal ini juga manfaat dari permintaan safe haven.”

Sebuah pemulihan pasca-Brexit di pasar Eropa terhenti pada Senin dengan indeks saham utama mixed.

Kepemilikan emas terbedar di dunia yang didukung bursa ETF, SPDR Gold Shares, naik 3,9 ton untuk 953,91 ton pada hari Jumat, tertinggi sejak Juli 2013. Di babak pertama kepemilikannya meningkat sebesar 308 ton, peningkatan setengah-tahunan terbesar dalam tujuh tahun.

Pasar AS ditutup pada Senin untuk liburan Hari Kemerdekaan.

Rasio Emas / Perak, yang mengukur jumlah ons perak yang dibutuhkan untuk membeli satu ons emas, jatuh ke level terendah dua tahun pada hari Senin, saat perak memperpanjang keuntungan terhadap emas.

Manajer hedge fund dan keuangan mengangkat posisi bullish mereka di COMEX kontrak emas dan perak ke rekor tertinggi pada minggu hingga 28 Juni.

Harga logam lainnya, platinum naik 0,3 persen pada $ 1,062.05 per ons, sementara paladium naik 0,2 persen pada $ 605,47 per ons.

Harga emas diperkirakan pada perdagangan selanjutnya berpotensi naik dengan potensi kekuatiran ketidakpastian ekonomi dan politik pasca Brexit dan perkiraaan perlambatan kenaikan suku bunga AS. Harga emas diperkirakan menembus kisaran Resistance $ 1,353-$ 1,355, dan jika harga turun akan menembus kisaran Support $ 1,349-$ 1,347.
SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG

Sumber : Vibiznews