SOLID GOLD BERJANGKA – Harga Emas Turun Terpicu Penguatan Bursa Global dan Dollar AS

SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG – Harga emas spot jatuh pada akhir perdagangan hari Senin di AS, terpicu penguatan pasar saham yang didukung prospek stimulus moneter lebih lanjut dari beberapa bank sentral dan penguatan dollar AS terhadap sekeranjang mata uang dengan dukungan data pekerjaan AS yang kuat.

Harga emas spot turun 0,8 % pada $ 1,355.50 per ons, setelah menyentuh tertinggi sejak Maret 2014 pekan lalu di $ 1,374.91 per ons.

Pasar Saham di Eropa dan Asia menguat pada hari Senin menyusul data pekerjaan AS, sementara yen turun lebih dari 1 % terhadap dolar setelah koalisi berkuasa Jepang mencetak kemenangan dalam pemilu dan menyiapkan paket stimulus baru.

Kenaikan Dolar AS telah didorong oleh laporan pekerjaan AS pada Jumat, yang melihat investor menghargai kesempatan dari kenaikan suku bunga Federal Reserve sebelum akhir tahun.

Emas sangat sensitif terhadap suku bunga AS, dimana kenaikan suku bunga mengangkat biaya kesempatan memegang emas, dengan meningkatnya dolar AS.

Memudar ekspektasi kenaikan suku bunga AS telah mendorong emas naik 28 % sepanjang tahun ini.

Sedangkan harga emas berjangka AS untuk pengiriman Agustus naik $ 1,30 per ounce pada $ 1,359.70 pada hari Senin. Sebelumnya berakhir di $ 1.356,6 per ons.

Laporan tenaga kerja bulan Juni juga memacu spekulasi bahwa Federal Reserve kini lebih mampu menaikkan suku bunga acuan di tahun ini sehingga membebani harga Emas, karena aset EmasĀ  yang tidak memberikan bunga, akan lebih sulit bersaing dengan aset lainnya yang memberikan imbal hasil ketika terjadi kenaikan suku bunga pinjaman.

Solidnya data tenaga kerja AS tersebut biasanya akan memicu pelemahan Emas yang tajam, namun di saat bersamaan ketegangan atas ekonomi global paska keputusan Inggris meninggalkan Uni Eropa juga turut menyebabkan pelemahan menjadi terbatas. Secara keseluruhan harga Emas telah menguat 28 % di tahun 2016.

Data dari Commodity Futures Trading Commission AS (CFTC) menunjukkan pada hari Jumat bahwa hedge fund dan manajer uang mengangkat posisi net long mereka di kontrak emas dan perak COMEX ke rekor tertinggi pada minggu hingga 5 Juli setelah referendum 23 Juni dengan keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa.

Perak berjangka naik 1,35 % pada $ 20,37 per ons. Platinum berjangka naik 0,5 % pada $ 1.106 per ons, sementara paladium berjangka naik 1,43 % pada $ 625,95.

Harga emas pada perdagangan selanjutnya berpotensi lemah dengan potensi penguatan bursa global dan dollar AS. Harga emas diperkirakan menembus kisaran Support $ 1,354-$ 1,352, dan jika harga naik akan menembus kisaran Resistance $ 1,358-$ 1,360.
SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG

Sumber : Vibiznews