PT SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG – Harga Emas jatuh ke sepuluh hari rendah pada akhir perdagangan hari Selasa di AS terpicu penguatan pasar saham global dan meredanya kekuatiran Brexit.

Pasar saham global menguat. Bursa Wall Street, bursa Eropa, bursa Asia berakhir di zona positif. Hanya indeks Shanghai di bursa Asia yang berada di zona negatif.

Dua jajak pendapat pada hari Senin menunjukkan kubu “Tetap” telah menguat dalam perdebatan referendum meskipun jajak pendapat ketiga didominasi mereka yang ingin meninggalkan Uni Eropa.

“Dengan peluang untuk hasil ” Brexit “yang lebih rendah, aset berisiko meningkat dan emas akan datang di bawah tekanan yang meningkat,” kata analis ABN Amro Georgette Boele.

Harga emas spot turun 1,8 persen pada $ 1,266.55. Sedangkan harga emas berjangka AS turun $ 19,60 pada $ 1,272.50, dan terakhir turun 1,72 persen pada $ 1.270.

SOLID GOLD BERJANGKA

Emas menyentuh dekat-dua tahun tinggi pada $ 1,315.55 pekan lalu karena ketidakpastian sekitar hasil dari referendum Inggris dan setelah catatan hati-hati dari Federal Reserve pada suku bunga.

Sementara itu, Ketua Fed Janet Yellen mengatakan pada hari Selasa bahwa risiko global dan perlambatan pekerjaan AS memberikan catatan pendekatan hati-hati untuk menaikkan suku bunga karena Federal Reserve mencari konfirmasi bahwa pemulihan ekonomi negara itu tetap berjalan.

Emas sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga, yang mengangkat biaya kesempatan memegang logam mulia.

Dalam berita lain, Inggris adalah tujuan utama ekspor emas Swiss untuk bulan ketiga berturut-turut di bulan Mei, demikian data dari biro kepabeanan Swiss menunjukkan pada hari Selasa, investasi dana emas di Inggris terus meningkat.

Kepemilikan di SPDR Gold Trust, emas terbesar di dunia yang didukung exchange-traded fund , naik 0,10 persen menjadi 908,77 ton pada hari Senin, tertinggi sejak September 2013.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas berpotensi turun dengan meredanya kekuatiran Brexit yang melemahkan permintaan safe haven. Harga emas diperkirakan menembus kisaran Support $ 1,265-$ 1,263, dan jika harga naik akan menembus kisaran Resistance $ 1,269-$ 1,271.

SOLID GOLD BERJANGKA

http://vibiznews.com/2016/06/22/harga-emas-turun-terpicu-penguatan-bursa-global-dan-meredanya-kekuatiran-brexit/