SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG – Harga minyak mentah berakhir anjlok 5 persen pada akhir perdagangan akhir pekan pada hari Jumat di AS setelah hasil referendum menetapkan Inggris keluar dari Uni Eropa.

Pasar keuangan telah khawatir selama bulan ini tentang kemungkinan keluarnya Inggris dari Uni Eropa, dijuluki luas sebagai ‘Brexit,’.

Indeks dolar AS naik sekitar 2 persen, yang terbesar sejak 2008, sementara sterling jatuh ke level terendah 31-tahun setelah Perdana Menteri Inggris David Cameron, yang berkampanye untuk tetap di Uni Eropa, mengatakan ia akan mundur pada bulan Oktober.

SOLID GOLD BERJANGKA

Dolar AS menguat membuat minyak dan komoditas lainnya dalam mata uang dolar AS menjadi mahal bagi pemegang euro dan mata uang lainnya.

Harga minyak mentah berjangka AS berakhir turun 5 persen, atau $ 2,47, untuk menetap di $ 47,64, penurunan satu hari terbesar sejak Februari.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka Brent berakhir turun 4,9 persen, atau $ 2,50, pada $ 48,41 per barel. Itu telah jatuh 6 persen sebelumnya menjadi $ 47,54.

Hasil ini menghapuskan hasil positif minyak mentah pada hari-hari sebelumnya pada minggu ini. Kerugian yang jauh lebih kecil pada minggu ini, dengan harga minyak mentah Brent turun 1,5 persen dan minyak mentah AS turun 0,7 persen.

Analis di pasar minyak berusaha untuk menempatkan krisis Brexit dalam perspektif menghapus $ 2 triliun dari bursa ekuitas di seluruh dunia, dan uang dituangkan ke dalam safe haven seperti obligasi emas dan pemerintah.

SOLID GOLD BERJANGKA

Meskipun mundur, harga minyak bertahan di atas level terendah satu bulan minggu lalu ketika kekhawatiran keluar Inggris dari Uni Eropa melonjak dan Brent mencapai penurunan pada $ 46,94 sementara minyak mentah AS anjlok ke $ 45,83. Beberapa analis mengatakan minyak bisa menghadapi tekanan lebih lanjut.

Investor sedikit mengindahkan data pada hari Jumat menunjukkan jumlah kilang minyak AS turun tujuh minggu ini, penurunan mingguan pertama dalam empat minggu.

Harga minyak mentah berpotensi bergerak merosot dengan potensi penguatan dollar AS setelah keputusan Brexit. Harga akan menembus kisaran Support $ 47,10- $ 46,60, dan jika harga naik akan menembus kisaran Resistance $ 48,10 – $ 48,60.

SOLID GOLD BERJANGKA

http://vibiznews.com/2016/06/27/harga-minyak-mentah-akhir-pekan-anjlok-5-persen-mingguan-jadi-negatif/