SOLID GOLD BEJANGKA – Penyebab Hidung Terhambat Sebelah

SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG – Hidung tersumbat atau yang biasa dikenal sebagian masyarakat sebagai hidung mampet merupakan sebuah kondisi dimana terjadi penyumbatan pada hidung. Biasanya hidung mampet secara bergantian itu sendiri merupakan kondisi hidung dimana terkadang mampet pada bagian kiri ataupun sebalikna mampet pada bagian kanan, hal ini disebabkan oleh adanya produksi lendir ingus sehingga menyumbat saluran pernafasan pada hidung. Namun perlu diketahui bahwa hal ini bukan merupakan penyebab utama dari adanya penyumbatan pada hidung secara bergantian. Masih banyak hal-hal lain yang kemungkinan besar bisa sebagai faktor terjadinya dari hidung tersumbat sebelah bergantian ini.

Sangat diketahui bahwa hidung tersumbat ini sangatlah berkaitan dengan kondisi seseorang saat flu ataupun saat pilek, entah itu yang tersumbat kedua-duanya ataupun salah satunya secara bergantian. Dan biasanya dalam kondisi seseorang mengalami pilek ataupun flu keadaan seseorang mengalami hidung tersumbat ini hanya sementara, jadi jika terdapat seseorang atau bahkan anda sendiri mengalami hidung tersumbat khususnya secara bergantian, anda harus segera memeriksakan diri anda ke dokter. Karena yang dikhawatirkan adalah anda bisa terkena penyakit-penyakit hidung yang tentunya juga sangat membahayakan diri anda sendiri.

Banyak orang yang sangat terganggu dengan keadaan hidung tersumbat apalagi hidung tersumbat secara bergantian ini, hal ini akan sangat membuat seseorang penderita tidak nyaman dalam bernafas karena ketika seseorang penderita tersebut akan bernafas seperti terdapat sumbatan sehingga proses pernafasan menjadi tidak lancar. Kondisi seseorang dalam mengalami pernafasan tidak lancar ini tentu akan sangat mengganggu dalam berbagai aktifitas sehari-harinya apalagi hal ini akan sangat mengganggu ketika malam hari dimana penderita tersebut akan berangkat untuk tidur.

Banyak orang yang sudah mengalami hidung tersumbat secara bergantian bahkan hampir semua orang telah mengalaminya, namun belum banyak orang yang mengetahui sebenarnya dimana saja letak yang bisa mengalami hidung tersumbat. Ternyata hidung tersumbat tidak hanya terjadi pada kedua rongga lubang hidung seseorang saja namun juga bisa terjadi pada salah satu rongga lubang hidung tersebut sehingga hal ini akan membuat hidung mamper sebelah secara bergantian.

Penyebab Hidung Tersumbat Sebelah Bergantian

Dalam sebuah penyakit atau gangguan kesehatan tidak terjadi secara bergitu saja, semua terjadi pastia ada yang melatarbelakangi atau yang menyebabkan, begitu pula dengan kondisi hidung tersumbat sebelah bergantian, terdapat berbagai hal yang menyebabkan kondisi hidung tersumbat sebelah bergantian ini dapat dialami oleh penderitanya. Berikut adalah penyebab dari adanya hidung tersumbat sebelah bergantian.

1. Gejala Pilek atau flu

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa kondisi seseorang sedang mengalami pilek juga bisa mengakibatkan atau mendorong adanya hidung tersumbat khususnya hidung tersumbat secara bergantian. Hal ini terjadi karena terdapat produksi lendir pada rongga lubang hidung seseorang. Sehingga biasanya pada orang yang mengalami pentumbatan pada hidung ini tidak lama kemudian orang tersebut pasti akan mengalami pilek bahkan akan mengalami flu.

2. Sinusitis.

Sinusitas Ialah sebuah kondisi dimana dalam hidung seseorang penderita terdapat rongga kosong dimana rongga tersebut terisi. Rongga kosong itu sendiri terdapat pada tulang kepala. Adanya keterisian ini akhirnya kan menyebabkan kondisi dimana adanya produksi lendir ingus yang mengakibatkan penyumbatan dalam rongga lubang hidung itu sendiri. Selain pemahaman ini sinusitis juga merupakan sebuah kondisi dimana terjadi sebuah peradangan atau yang biasa dikenal dengan inflamasi yang terjadi pada bagian dinding sinus, dimana hal ini disebakan oleh adanya infeksi bakteri maupun inveksi oleh virus. Kondisi yang telah dijelaskan tersebut akan membuat hidung seseorang menjadi tersumbat sebelah ataupun bergantian yang biasanya juga diikuti dengan batuk-batuk, hilangnya indra penciuman bahkan seseorang bisa saja mengalami demam.

3. Rhinitis Alergi.

Merupakan sebuah alergi pada seorang penderita. Alergi ini bukan merupakan alergi makanan atau minuman melainkan sebuah alergi pada sebuah pertikel-pertikel debu, alergi terhadap asab, ataupun alergi terhadap suatu partikel.

4. Polip Hidung.

Polip hidung merupakan sebuah kondisi pada hidung seseorang dimana pada hidung seseorang tersebut terdapat benjola daging tumbuh sehingga membuat rongga lubang hidung mengalami penyumbatan. Tersapat banyak variasi dari warna bahkan bentuk dari polip itu sendiri, polip bisa mengakibatkan penyumbatan pada saluran hiudng biasanya disebabkan oleh polip yang memiliki ukuran cukup besar. Walaupun polip dikatakan oleh sebagian pakar kesehatan dengan keadaan yang tidak membahayaan atau aman, namun nyatanya polip juga cukup menganggu pada kenyamanan penderitanya. Walaupun polip tidak bisa dilihat secara langsung oleh penderitanya karena letaknya yang berada dalam rongga lubang hidung namun penderita polip tetap bisa mengetahui adanya polip dalam rongga lubang hidung dengan beberapa gejala yang akan dialami oleh penderitanya seperti : gangguan indra perasa dan penciuman, kesulitan bernafas, dan hidung sering tersumbat baik sebelah maupun semua.

5. Rhinitis Nonalergi.

Seperti yang diijelaskan pada kondisi rhinitis alergi pada kondisi rinitis nonalergi ini juga terjadi penyumbatan saluran hidung atau hidung mampet, perbedaanya adalah kondisi yang terjadi pada rinitis non alergi penyumbatan yang terjadi adalah bergantian atau hidung mampet sebelah bergantian. Dan dalam rinitis non alergi ini tidak terjadi akibat alergi pada berbagai partikel namun terjadi pada alergi terhadap bakteri dan virus. Selain gejalanya dengan hidung mampet sebelah kondisi ini juga bisa diketahui dengan kondisi iritasi pada rongga hidung bahkan rasa nyeri.
SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : Halosehat