SOLID GOLD BERJANGKA – Kondisi Dollar AS Sesi Asia 8 Agustus Terpukul Profit Taking

SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG – Dollar menguat tajam pada hari Jumat setelah data menunjukkan jumlah pekerja di AS naik lebih besar dari perkiraan untuk periode Juli dan meningkatnya nilai upah, meningkatkan kemungkinan untuk kenaikan suku bunga dari Federal Reserve pada tahun ini.

Dollar mencapai level puncak dalam sepekan terhadap euro dan Swiss franc, dan berbalik positif terhadap yen setelah data kerja AS.

Jumlah pekerja di luar sektor pertanian di AS bertambah 255.000 pekerja pada bulan lalu, setelah direvisi naik untuk lonjakan sebesar 292.000 untuk bulan Juni. Sebelumnya analis perkirakan untuk pertumbuhan 180.000 di bulan Juli.

Berdasarkan data dari CME FedWatch, setelah laporan kerja AS, Fed fund futures menilai sebesar 18 % kesempatan untuk the Fed akan naikan suku bunga pada pertemuan kebijakan bulan depan, dari 9 % pada Kamis lalu. Untuk pertemuan bulan Desember, futures menunjukkan hampir 47 % kesempatan untuk kenaikan suku bunga, dibandingkan dengan 32 % pada hari Rabu lalu.

Mengawali perdagangan forex pekan ini yang dimulai pada sesi Asia Senin (8/8) dollar AS dbuka lebih rendah oleh profit taking pasar setelah akhir pekan lalu berhasil rally 3 hari berturut. Terpantau pagi ini di pasar spot dollar dominan melemah terhadap rival-rival utamanya kecuali terhadap yen dan kurs komoditas.

Dollar berhasil rally selama 3 hari berturut pekan lalu merespon rilis data NFP AS bulan Juli yang naik diatas harapan meskipun lebih rendah dari peningkatan data periode sebelumnya. Data yang menunjukkan kondisi pasar tenaga kerja AS yang lumayan memberikan sinyal kuat bagi ekspekatasi kenaikan Fed rate dalam waktu dekat.

Untuk pergerakan hari ini, dari Amerika tidak ada data yang signifikan mempengaruhi dollar namun di pasar Eropa akan ada data ekonomi sebagai fundamental rivalnya di kawasan Eropa yang diperkirakan mengangkat kurs euro dan poundsterling.

Indeks dolar yang mengukur kekuatan dollar AS terhadap enam mata uang utama perdagangan sesi Asia bergerak negatif setelah dibuka lebih rendah pada posisi 96.25 dan bergulir pada posisi 96.16. Perdagangan sebelumnya indeks dollar AS naik hingga 0,6 % lebih.

SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG

Sumber : Vibiznews