SOLID GOLD BERJANGKA – Mitos Yang Ada Di Hari Selasa

SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG – Selasa adalah hari ketiga dalam satu pekan. Kata Selasa diambil dari bahasa Arab yang berarti tiga. Nama lain lagi untuk hari ini adalah Anggara, yang diambil dari bahasa Sanskerta yang berarti planet Mars, mirip dengan pengertian dalam bahasa-bahasa di Eropa. Pada hitungan dino atau hari, Selasa sering dianggap sebagai hari ke dua dalam hitungan pekan. Hitungan ini mungkin berdasarkan hitungan orang masuk kerja di Indonesia, yaitu Senin lalu Selasa sampai pekan berikutnya. Namun, sebenarnya Selasa adalah hari ke tiga. Nama Selasa sendiri diambil dari bahasa Arab, yang berarti tiga. Dalam bahasa Sansekerta, hari Selasa disebut Anggara, yang artinya planet Mars. Nama ini juga mirip dengan pengertian dalam bahasa-bahasa di Eropa.

Sebagian orang, terutama orang Jawa memiliki mitos jika hari Selasa pantang bepergian ke mana-mana. Meskipun mitos ini secara ilmiah tidak bisa dijelaskan dengan rasional, namun ada saja yang mempercayai mitos pantang bepergian hari Selasa. Hal ini juga bisa terlihat dari jumlah penumpang bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di beberapa daerah di Jawa. Setiap hari Selasa, bus AKAP ini hampir semuanya rata-rata sepi penumpang. Dan, jika dibandingkan dengan hari-hari biasa, hari paling sepi penumpang rata-rata adalah hari Selasa. Orang Jawa mengatakan, jika hari Selasa adalah selo-selone menungso atau saat sepi-sepinya manusia. Itu juga yang menyababkan sebagian orang yang masih mempercayai mitos ini tidak melakukan perjalanan jauh atau bepergian pada hari ini.

Selain pantang untuk bepergian, di hari Selasa juga memiliki mitos, jika seseorang meninggal di hari ini, dipercaya akan ‘mengajak teman’ Meskipun secara ilmiah hal ini juga tidak bisa dibuktikan secara rasional, namun kejadian-kejadian hal semacam ini kerap ditemukan,dan dikait-kaitkan dengan mitos tersebut. Bagaimana, Anda masih mempercayai mitos hari Selasa sebagai hari yang dipantang oleh sebagian orang untuk tidak bepergian, atau jika ada yang meninggal di hari Selasa ini akan ‘mengajak teman’?

Ada apa sih dengan hari Selasa? Bukannya sama kah dengan hari-hari lainnya?
Tentu beda! Pada zaman Rasulullah SAW, beliau ditanya mengenai hari Selasa, lalu beliau menjawab, “Hari Selasa adalah Hari Berdarah”
Mengapa Rasulullah berkata demikian? Karena ternyata pada hari itulah Siti Hawa haid dan putra Nabi Adam AS membunuh saudaranya sendiri. Sehingga, sebagian ulama telah menjelaskan bahwa hari Selasa ada 7 jiwa yang dibunuh, diantaranya:
1. Jurjais Bin Fathin as. dibunuh (Seorang pemuda ahli Ibadah, ia hidup pada masa raja Dardaniyah yang terkenal dengan penyembahan berhalanya)
2. Wafatnya Nabi Yahya AS
3. Wafatnya Nabi Zakaria AS
4. Meninggalnya tukang sihir Firaun
5. Meninggalnya Asiah binti Muzahim, istri Firaun
6. Sahib, Sapi betina dari Bani Israel disembelih
7. Meninggalnya habib, putra Nabi Adam AS
Nah, ternyata banyak sekali peristiwa dibalik hari Selasa, hingga Rasulullah SAW menyebutnya sebahai hari berdarah. Yuk lebih memaknai peristiwa untuk mendapatkan hikmah dibaliknya!
Selamat hari Selasa
SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : Dariberbagaisumber