SOLID GOLD BERJANGKA – 7 NASIHAT DALAM PERNIKAHAN

SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG – Pernikahan yang di idamkan setaip manusia adalah pernikahan yang tentram, tenang dan penuh cinta dan hal itu perlu adanya keyakinan dalam setiap laki-laki dan perempuan untuk mencapai sebuah pernikahan yang langgeng dan di ridho Allah .

7 nasehat pernikahan ini bukan lah suatu batasan namun hanya untuk memberi kemudahan

Berangkat dari Firman Allah Surat Ar-Ruum ayat 21 “Dan di antara tanda-tanda kebesaran Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri agar kamu cendrung dan merasa tentram kepadanya , dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang , sunggu pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kebesaran Allah bagi kaum yang berfikir “

1. Pasangan hidup merupakan tanda-tanda kebesaran Allah swt.

Dalam ayat diatas tersebut, disebutkan suatu tanda-tanda kebesaran Allah swt yang berupa pasangan hidup, mungkin kebanyakan orang berfikir bahwa tanda-tanda kebesaran Allah adalah penciptaan alam semesta dan isinya , pergantian siang dan malam , matahari dan bulan , dan sebagainya, yah memang benar tetapi ada lagi suatu tanda kebesaran Allah yaitu pasangan hidup, kalau lah seorang istri menganggap suami nya tanda-tanda kebesaran Allah tentu tidak ada istri yang durhaka kepada suaminya dan kalau suami menganggap istri tanda-tanda kebesaran Allah tentu tidak ada suami yang KDRT terhadap istrinya.
Untuk menjadi renungan bagi saudaraku yang baru menikah ataupun yang sudah puluhan tahun menikah llihatlah, pandang lah pikirkanlah bahwa selama ini orang yang mendampingi dan selalu bersama anda merupakan tanda-tanda kebesaran Allah yang harus di syukuri dan di ambil pelajaran .

2. Pasangan hidup di ciptakan untuk mendatangkan sakinah yiatu ketenangan.

Tidaklah Allah menciptakan apa yang di langit dan di bumi ini melainkan ada kebaikan untuk manusia, termasuk di ciptakan nya pasangan hidup untuk mu agar hati mu menjadi tentram karena nya, suami melihat istri hati menjadi tenang dan istri ketika menemukan dan melihat suaminya hatinya pun ikut senang, dan Allah ciptakan itu untuk memberikan ketenangan dalam naungan ridho dan rahmat nya .

3. Perbedaan yang disatukan untuk medatangkan mawaddah dan rahmah yaitu cinta dan kasih sayang

Laki-laki dan perempuan merupakan 2 makhluk yang berbeda, pakaian nya beda, fisik nya berbeda, wajah nya berbeda, latar belakang yang berbeda dan cara pandang yang berbeda, sampai-sampai orang barat mengatakan “The man from Mars and women from Venus”, tetapi 2 makhluk yang berbeda ini di satukan oleh Allah, apa yang menyatukan nya yang membuat merekatnya antara dua makhluk ini, maka jawaban nya ialah mawaddah dan rahmah .
mawaddah dapat di artikan juga melihat kelebihan sedangkan rahmah menutupi kelemahan, selama mencari pasanagn hidup orang selalu mencari kelebihan namun setelah menikah nampak lah semua kelemahan maka tutupi lah itu.
mawaddah lebih memandang pada fisik sedangkan rahmah adalah kasih sayang dengan menutupi kelemahan, apabila anda melihat pasanagn hidup yang langgeng dalam pernikahan nya bahkan sampai lanjut usia nya tetapi masih terlihat mesra dan romantis , mereka tidak lagi mawaddah yang ada saat itu rahmah,

4. Barang siapa yang menikah karena iman , maka dia telah menyempurnakan setengah iman.

Laki-laki dan perempuan yang belum menikah makan iman nya masih setengah, setaqwa-taqwa nya muda/mudi iman nya masih setengah dan setelah menikah maka sempurna lah iman nya.
Suami dan istri hendaklah saling menjaga keimanan nya dan saling menolong dalam ketaqwaan saling mengingatkan dalam menyempurnakan keimanan nya, apabila istri silap terhadap suami maka yang paling pertama mengingatkan adalah suami , begitu pun sebaliknya jangan sampai pasangan hidup mu di ingatkan orang lain.

5. Istrimu adalah tulang rusuk mu

Pasangan hidup adalah makhluk yang diciptakan dari dirimu sendir, perempuan diciptakan dari tulang rusuk laki-laki , tulang rusuk yang paling bengkok yang paling atas, begitulah perempuan seperti tulang rusuk yang bengkok, apabila kamu paksa untuk lurus maka ia akan patah dan apabila engkau biarkan maka ia tetap bengkok, maka dalam mendidik istri pandai-pandai lah supaya ia tak patah dan kau tidak ikut bengkok, maka perbanyak lah mengaji, ikut pengajian supaya bengkok ini dapat di luruskan tanpa harus patah. Suami adalah pakaian bagi istrinya dan istri adalah pakaian bagi suaminya

6 . Sedetik setelah akad selesai maka dipundakmu ada tanggung jawab yang besar.

Jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka. Suami istri merupakan satu jiwa seirama sepadu maka salaing tolong menolonglah dalam ketaqwaan dan saling mengingatkan karena ini merupakan tanggung jawab terutama bagi suami sebagai kepala rumah tanggal, maka bawalah bahtera rumah tanggamu menuju labuhan surga bersama keluargamu dan hindarilah api neraka . Perilaku seorang istri cara bicara dan penampilan nya merupakaran ukuran keimanan seorang suami.
Suami jangan biarkan istri membuka aurat nya, karna itu menjadi tanggung jawab suami. dan istri kalau di suruh suami dalam ketaqwaan maka patuh dan jangan membantah, dengan demikian insya allah rumah tangga akan di penuhi keberkahan.

7. Buah pernikahan yang terbaik adalah anak yang saleh dan salehah

Harapan setiap manusia untuk mempunyai anak yang saleh dan salehah karena dengan anak saleh ini akan terus mengalir lah doa yang sampai kepada kedua orang tua nya yang sudah meninggal , anak yang saleh merupakan asset kedua orang tua di dunia maupun di akhirat dan anak yang saleh ini tidak lah di dapat melainkan dengan perkawinan.

Demikian 7 nasehat pernikahn semoga sahabat-sahabat dapat mengambil manfaat dan pelajaran sehingga bisa di aplikasikan dalam kehidupan rumah tangga

Jangan jadikan pernikahn sebagi tujuan tetapi jadikan lah pernikahan sebagi wasilah/ jalan untuk mencari keridhaan Allah swt .
Semoga kita semua di satukan dalam kebaikan bersama pasangan hidup kita
SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG