Rekomendasi Harga Emas 18 Maret 2020: Naik Tajam – Solid Gold Berjangka

Solid Gold Berjangka Lampung – Emas berjangka bulan April pada perdagangan sesi Asia pagi hari ini, naik $ 52.20 per ons dibandingkan dengan harga kemarin, diperdagangkan di $ 1,538.70. Sementara emas Antam dijual di harga Rp. 801.000,- turun Rp. 18.000,- karena dampak dari penurunan besar – besaran harga emas dunia kemarin baru terkena pada hari ini ( dengan demikian kemungkinan harga emas Antam akan naik pada hari esok ).

Harga emas diperdagangkan naik tajam pada pertengahan perdagangan sesi Amerika Serikat hari Selasa kemarin, dengan peristiwa tekanan jual yang panik di seluruh pasar pada hari Senin, kelihatannya sudah mengijinkan harga untuk naik lagi – paling tidak untuk saat ini. Hal ini telah menjadi sesuatu yang “ bullish ” bagi emas yang “ safe – haven ”. Sikap “ jual apa yang kamu bias ” yang terjadi baru – baru ini ( yang telah memberikan tekanan jual yang kuat kepada pasar emas dan perak ) nampaknya telah diganti dengan sikap “ jual apa yang kamu inginkan ”. Berkurangnya kepanikan di pasar pada hari Selasa kemarin telah memicu pembelian “ safe – haven ” yang baru bagi emas karena para trader dan investor sekarang telah memiliki tambahan keyakinan untuk melangkah masuk dan membeli sesuatu dank arena krisis kesehatan global ini dan krisis ekonomi sama sekali belum akan segera berakhir.

Emas juga mendapatkan “ support ” setelah Federal Reserve Amerika Serikat mengumumkan pembukaan kembali program pendanaan “ commercial paper ” darurat yang digunakan pada saat krisis keuangan tahun 2008. Sementara itu ada rumor dan laporan – laporan bahwa sistem kredit Amerika Serikat jangka pendek tidak likuid dan sedang dilakukan dislokasi. Tindakan the Fed ini juga mendukung pasar saham Amerika Serikat dengan harga – harga mengalami rally setelah berita – berita dari the Fed.

Konferensi pers dari Presiden Trump dan team kesehatannya juga memberikan keyakinan kepada para trader dan investor. Trump mengirimkan Tweet bahwa industry – industri khususnya yang terkena dampak dari coronavirus ( COVID – 19 ) akan didukung dengan sangat kuat. Amerika Serikat akan mendukung dengan kuat industry – industri seperti maskapai penerbangan dan yang lainnya, dan yang khususnya terkena dampak dari virus Cina. Kita akan lebih kuat daripada sebelumnya!

Satu hal yang positip adalah bahwa vaksin dari virus ini kemungkinan akan bisa segera ditemukan lebih cepat daripada yang ahli – ahli kesehatan sedang perkirakan saat ini. Kadang – kadang bahkan para ahli bisa meleset dari perkiraan mereka. Secara tehnikal, obyektif kenaikan harga emas selanjutnya adalah menembus “ resistance ” yang solid di $ 1,600.00 setelah berhasil melewati $ 1,554.30 dan $ 1,566.40. Sedangkan obyektif penurunan harga adalah menembus “ support ” yang solid di $ 1,450.90 setelah terlebih dahulu melewati $ 1,500.00 dan kemudian $ 1,475.00.
Solid Gold Berjangka

Sumber : vibiznews