Rekomendasi Pergerakan Harga Emas 29 Januari 2020 – Solid Gold Berjangka

Solid Gold Berjangka Lampung – Pasar saham Asia dan Eropa bercampur ke melemah semalam. Pasar Cina ditutup untuk liburan tahun baru Lunar. Indeks saham Amerika Serikat mengarah ke lebih kuat pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai, setelah kerugian yang solid pada hari Senin. Emas berjangka bulan Februari terakhir turun $ 5.00 per ons pada $ 1.572.10, sementara harga emas Antam masih di Rp. 774.000, belum berubah. Harga perak Comex bulan Maret terakhir turun $ 0.221 pada $ 17.835 per ons.

Harga emas turun secara moderat pada awal perdagangan berjangka Amerika Serikat ( AS ) hari selasa kemarin, karena koreksi turun dari keuntungan belakangan ini dan dengan pasar saham Amerika Serikat melangkah ke pemulihan moderat dari kerugian yang tajam pada hari Senin. Meski demikian, bertahannya kekhawatiran mengenai dampak wabah virus corona (coronavirus) baru di China terhadap ekonomi global mampu meredam pelemahan emas sebagai aset investasi aman (safe haven) yang kerap diburu pada masa ketidakpastian.

Kekhawatiran atas wabah virus corona, tambah Menke, masih dapat menghambat ekonomi global. Reaksi terhadap penyebaran virus ini terlihat sangat berbeda di pasar, sementara penurunan harga minyak menunjukkan perlambatan aktivitas ekonomi di China. Korban tewas akibat virus ini dilaporkan telah mencapai lebih dari 100 orang di China dan beberapa pakar kesehatan mempertanyakan apakah pemerintah China dapat mengandung virus yang telah menyebar dari kota Wuhan ke lebih dari 10 negara.

Merebaknya wabah virus corona telah mengalahkan berita mengenai pertemuan FOMC Federal Reserve yang telah dimulai sejak hari Selasa dan berakhir hari Rabu malam dengan sebuah pernyataan. Diperkirakan tidak ada perubahan atas kebijakan moneter Amerika Serikat pada pertemuan ini. Hal kunci diluar pasar metal adalah turunnya harga minyak mentah dan diperdagangkan disekitar $ 52.75 per barel. Sementara indeks dollar Amerika Serikat naik sedikit dan menyentuh ketinggian dua bulan dalam perdagangan semalam.

Kenaikan harga emas masih memiliki keuntungan tehnikal jangka pendek secara keseluruhan. Obyektif kenaikan harga emas adalah menembus “ resistance ” yang solid di $ 1,613.30 setelah terlebih dahulu berhasil melewati $ 1,582.20 dan kemudian $ 1,588.40. Sedangkan obyektif penurunan harga emas adalah menembus “ support ” yang solid di $ 1,550.00 setelah terlebih dahulu harus berhasil melewati $ 1,570.50 dan kemudian $ 1,565.00.
Solid Gold Berjangka

Sumber : vibiznews