SOLID GOLD – Bursa Eropa Berakhir di Zona Merah Setelah Stress Test Perbankan dan Perlambatan Manufaktur

SOLID GOLD LAMPUNG – Bursa Saham Eropa berakhir dalam zona merah pada akhir perdagangan Senin malam karena investor bereaksi terhadap stress test perbankan Eropa sementara mencerna data manufaktur yang melambat dan pendapatan perusahaan dari Eropa.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 datang dari posisi terendah sesi untuk menutup 0,59 % sementara, dengan sebagian besar sektor berakhir di zona merah.

Indeks FTSE berakhir pada posisi 6.693,95, turun -30,48 poin atau -0,45 %

Indeks DAX berakhir pada posisi 10.330,52, turun -6,98 poin -0,07 %

Indeks CAC berakhir pada posisi 4.409,17, turun -30,64 poin atau -0,69 %

Indeks IBEX 35 berakhir pada posisi 8.513,40, turun -73,80 poin atau -0,86 %

Investor Eropa telah menganalisis hasil dari stress test terbaru dari Otoritas Perbankan Eropa (EBA).

EBA menemukan bahwa Italia Banca Monte dei Paschi di Siena (BMPS), Bank tertua di dunia, akan memiliki kesulitan terbesar dari 51 bank papan atas Eropa yang mencakup pinjaman bermasalah antara sekarang dan 2018 dalam kondisi ekonomi yang memburuk. Bank lain yang tampil buruk dalam tes stres adalah Austria’s Raiffeisen, Allied Irish Banks dan Spain’s Banco Popular.

Saham perbankan yang lebih tinggi pada awal perdagangan tetapi membalik keuntungan, dengan sebagian besar perdagangan pemberi pinjaman dalam zona merah. Saham BMPS selesai di wilayah positif, tetapi pengupas sebagian keuntungan-yang naik 0,58 % setelah mengumumkan rencana penyelamatan setelah penutupan pada hari Jumat yang melibatkan meningkatkan modal dari sektor swasta.

UniCredit, yang ditandai sebagai keprihatinan selama stress test, adalah pemain terburuk STOXX 600 dan sempat dihentikan dari perdagangan, berakhir turun 9,4 %. pemberi pinjaman Italia lainnya, UBI Banca, Banca Popolare di Milano dan BP Emilia semua turun lebih dari 5,5 % pada penutupan, di bagian bawah benchmark Eropa

Beberapa investor telah menyatakan keprihatinan tentang bagaimana menghapus stres tes sektor perbankan Eropa mengingat bahwa mereka tidak menguji skenario tertentu seperti lingkungan suku bunga negatif.

Di tempat lain, investor Eropa mencatat dari indeks PMI manufaktur U.K dan zona eropa, dengan aktivitas yang jatuh di kedua wilayah.

Aktifitas manufaktur U.K. turun ke level terendah dalam lebih dari tiga tahun, dengan indeks Markit / CIPS UK manajer pembelian manufaktur datang pada 48,2 % pada bulan Juli – turun dari 52,4 pada bulan Juni.

Sementara itu, pertumbuhan manufaktur di zona euro melemah pada bulan Juli, datang pada 52,0.

Pengamat pasar juga mencerna perlambatan terbaru dalam aktivitas manufaktur di Tiongkok di mana PMI manufaktur resmi datang di 49,9 pada bulan Juli dibandingkan jajak pendapat Reuters yang memperkirakan 50,0. Tanda 50 poin memisahkan ekspansi dari kontraksi. Sebuah survei swasta perusahaan berukuran kecil-menengah, dirilis setelah angka PMI resmi, namun menunjukkan ekspansi dalam kegiatan.

Minyak penggerak pasar utama bagi investor, dengan harga minyak mentah jatuh sekitar 3 % pada penutupan pasar Eropa, seperti kenaikan produksi OPEC dan AS menambahkan kilang minyak membebani sentimen. Minyak Brent dan WTI AS yang melemah tajam, melayang sekitar $ 42,19 dan $ 40,32 masing-masing pukul 16.30 waktu sore London.

Di sisi pendapatan, Porsche melaporkan penurunan laba semester pertama tahun ke tahun, dengan saham menutup 1,7 % sebagai hasilnya, meskipun keuntungan sebelumnya.

Bir raksasa Heineken melaporkan kenaikan 6,8 % pada laba bersih sebelum pos luar biasa dalam enam bulan pertama tahun ini, namun saham berakhir turun 3,7 %.

Sementara itu, Legrand naik ke atas, ditutup naik hanya 4 % menyusul serangkaian kuat dari hasil dari kelompok Perancis, yang menunjukkan pertumbuhan penjualan dalam enam bulan pertama mengalahkan perkiraan.

Saham Anglo American muncul 2,2 %, setelah RBC menaikkan prospek dari “perform” menjadi “outperform”. Safran juga melonjak 2 %, setelah Bernstein dan Barclays menaikkan target harga mereka terhadap saham.

Saham Thomas Cook, turun 5,5 % setelah Berenberg menurunkan target harga pada saham; sementara sesama saham yang tercatat di London IAG ditutup lebih rendah, setelah Qatar Airways mengumumkan telah mengangkat sahamnya di pemilik British Airways-20 persen.

Diperkirakan bursa Eropa akan mencermati laporan laba emiten, pergerakan harga minyak mentah dan bursa Wall Street.

SOLID GOLD LAMPUNG

Sumber : Vibiznews