SOLID GOLD – Bursa Eropa Berakhir Mixed Terbantu Saham Perbankan

SOLID GOLD LAMPUNG – Bursa Saham Eropa ditutup mixed pada hari akhir perdagangan Rabu malam kemarin terdorong kenaikan saham perbankan mengimbangi pelemahan saham-saham lainnya.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 ditutup sekitar datar pada Rabu.

Indeks FTSE berakhir di posisi 6.634,40, turun -11,00 poin atau -0,17 %

Indeks DAX berakhir di posisi 10.170,21, naik 25,87 poin atau 0,26 %

Indeks CAC berakhir di posisi 4.321,08, turun -6,91 poin atau -0,16 %

Indeks IBEX 35 berakhir di posisi 8.263,50, turun -13,80 poin atau -0,17 %

Saham perbankan dalam fokus pada hari Rabu setelah terpukul pada hari Selasa.

HSBC, salah satu pemberi pinjaman terbesar di Inggris, melaporkan penurunan tahun-ke-tahun dari hampir 29 % pada semester pertama laba sebelum pajak. Namun, juga mengumumkan rencana $ 2,5 miliar buyback, saham ditutup 4,5 % lebih tinggi.

Societe Generale mengalahkan ekspektasi untuk kuartal kedua, membantu saham dekat 3,2 % lebih tinggi. Chief Executive Frederic Oudea mengatakan kepada CNBC dia nyaman dengan tingkat modal saat ini, meskipun kinerja agak lemah bank Perancis dalam tes stres baru-baru ini.

Sementara itu, Credit Agricole mengatakan laba bersih kuartal kedua naik hampir 26 %, menambahkan bahwa pihaknya telah menyelesaikan perbaikan struktur kelompok. Pengumuman itu disambut positif oleh investor, namun saham kemudian mengurangi keuntungan.

Saham Banca Monte dei Paschi di Siena (BMPS) rally setelah Il Sole 24 Ore melaporkan bahwa enam bank akan bergabung dengan konsorsium underwriting a € 5000000000 ($ 5600000000) -cash panggilan oleh pemberi pinjaman Italia bermasalah. Sahamnya ditutup sekitar 1,8 % lebih tinggi.

Unicredit, yang merupakan salah satu pemain terburuk dalam stress test, jatuh setelah membukukan laba pada hari Rabu. Sahamnya dihentikan untuk bagian dari perdagangan dan akhirnya ditutup sekitar 2,3 %.

Penambang Rio Tinto melaporkan 47 persen terjun tahun-ke-tahun pada laba yang mendasari pada paruh pertama tahun, peringatan dari “lingkungan makro-ekonomi global yang masih rapuh”. Saham ditutup turun sekitar 0,8 %.

AXA, perusahaan asuransi terbesar kedua di Eropa, melaporkan kenaikan 4 % laba bersih semester pertama yang kurang dari ekspektasi analis. Saham perusahaan Perancis ditutup hampir 2 % lebih rendah.

Di tempat lain, peritel Inggris Next mengatakan penjualan harga penuh pada kuartal kedua adalah 0,3 % lebih tinggi dari tahun ke tahun, tetapi memperingatkan penjualan di 2016 bisa turun 2,5 %. Namun, perbaikan proyeksi dari toko pakaian, yang membantu reli saham pada hari Rabu.

Di ujung lain dari STOXX 600, Aggreko anjlok oleh sekitar 13 % setelah pembuat peralatan listrik melaporkan penurunan tajam dalam laba semester pertama sebelum pajak.

Diperkirakan bursa Eropa akan mencermati kinerja saham perbankan, data ekonomi kawasan Eropa, pergerakan harga minyak mentah dan bursa Wall Street.
SOLID GOLD LAMPUNG

Sumber : Vibiznews