SOLID GOLD – Bursa Eropa Berakhir Mixed Setelah Keputusan ECB

SOLID GOLD LAMPUNG – Bursa Saham Eropa berakhir mixed pada akhir perdagangan Kamis malam setelah Bank Sentral Eropa (ECB) mempertahankan suku bunga utamanya tidak berubah dan karena investor mencerna laporan pendapatan dari perusahaan-perusahaan besar.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 datang dari dari posisi terendah sebelumnya, untuk menutup turun 0,07 % .

Indeks FTSE berakhir pada posisi 6.699,89, turun -29,10 poin atau -0,43 %

Indeks DAX berakhir pada posisi 10.156,21, naik 14,20 poin atau 0,14 %

Indeks CAC berakhir pada posisi 4.376,25, turun -3,51 atau -0,08 %

Indeks IBEX 35 berakhir pada posisi 8.583,60, naik 8.10 poin atau 0,09 %

ECB mempertahankan suku bunga acuan refinancing pada 0 persen dan suku bunga pada fasilitas penyimpanan tetap pada -0,40 %. Bank secara luas diperkirakan untuk mempertahankan kebijakan suku bunga nol, tetapi pasar mengantisipasi kebijakan stimulus moneter lebih lanjut dari bank sentral global.

Dalam konferensi pers reguler yang diselenggarakan oleh bank sentral, Presiden Mario Draghi mengatakan ia tidak ingin meremehkan tantangan yang dihadapi zona euro, termasuk tingkat tinggi kredit macet di sektor perbankan dan ketidakstabilan geopolitik yang berkaitan dengan terorisme dan suara Brexit.

Saham berfluktuasi selama konferensi pers, dengan bank-bank pulih dalam perdagangan sore. Di saham perbankan individu, beberapa bank Italia mengungguli sesama pemberi pinjaman Eropa, dengan BMPS, UniCredit dan Banco Popolare semua di atas masing-masing 1,5 %. Sementara itu, sebagian besar bank U.K. ditutup di zona merah.

Dalam berita bisnis Eropa, Lufthansa, maskapai terbesar di Jerman, menurunkan target laba setahun penuh pada hari Rabu mengatakan pemesanan terlebih dahulu ke Eropa telah menurun secara signifikan karena “serangan teroris di Eropa dan ketidakpastian politik dan ekonomi yang lebih besar”. Berita itu mengirim saham untuk menutup sekitar 6 % turun.

Dan kepala eksekutif easyJet menyatakan dengan nada yang sama, mengatakan bahwa terorisme adalah pada tingkat “belum pernah terjadi sebelumnya”. Saham easyJet jatuh lebih dari 5 persen setelah pendapatan kuartal ketiga per kursi menurun 8,3 % secara mata uang konstan. Sentimen negatif dari dua saham berdesir di seluruh sektor wisata dan rekreasi, dengan penerbangan lain seperti Air France-KLM, IAG dan Ryanair semua menutup lebih dari 3,5 % ke bawah.

Sementara itu, sumber daya dasar mengungguli pasar yang lebih luas pada hari Kamis, dibantu oleh angka positif dari Norsk Hydro. Produsen aluminium menaikkan proyeksi permintaan aluminium global termasuk untuk Tiongkok, setelah melaporkan laba yang mendasari yang mengalahkan perkiraan analis. Saham melonjak 6,5 %.

Produsen baja Arcelor Mittal muncul 1,8 % setelah JPMorgan, Berenberg, UBS dan Deutsche Bank menaikkan target harga mereka untuk saham.

Dalam berita laba lainnya, produsen obat Swiss Roche, Kamis mengkonfirmasi prospek untuk 2016 dan melaporkan penjualan untuk paruh pertama tahun depan ekspektasi analis, namun saham ditutup lebih 1 % ke bawah.

Dalam ruang mewah, rumah mode Prancis Hermes mengatakan penjualan kuartal kedua naik 8,1 %, mengirimkan saham untuk menutup naik 4,6 %.

Unilever melaporkan pertumbuhan penjualan kuartal kedua yang lebih baik dari perkiraan 4,7 %, namun saham ditutup di bawah tekanan, turun 1,1 %.

Iklan raksasa Publicis melonjak lebih dari 2,5 % setelah melaporkan 5 % kenaikan tahun-ke-tahun pada laba bersih untuk semester pertama 2016.

Di STOXX 600, Eropa pemain terbaik adalah William Hill, berakhir naik 10,6 %, setelah U.K. taruhan mengumumkan bahwa CEO-nya James Henderson mengundurkan diri dengan segera. Sementara kelompok kesehatan Galenica merosot 11 %, setelah itu mengatakan telah setuju untuk membeli Relypsa untuk $ 1530000000.

Malam nanti akan dirilis data Markit Manufacturing dan services PMI Flash Jerman Juli, juga Markit Manufacturing, Services, Composite PMI Flash Zona Eropa Juli, yang semuanya diindikasikan menurun.
SOLID GOLD LAMPUNG

Sumber : Vibiznews