SOLID GOLD – Bursa Eropa Berakhir Positif Setelah BOE Pangkas Suku Bunga

SOLID GOLD LAMPUNG – Bursa Saham Eropa berakhir di zona positif pada akhir perdagangan Kamis malam kemarin setelah keputusan Bank of England (BoE) untuk menurunkan suku bunga ke rekor rendah 0,25 %.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 menutup naik 0,67 %. Semua sektor membukukan keuntungan yang solid pada penutupan, dengan pengecualian dari bahan kimia, yang ditutup lebih rendah.

Indeks U.K. FTSE 100 terdorong ke depan setelah kebijakan langkah terbaru BoE, menutup 1,59 %, sedangkan indeks FTSE dalam negeri yang berfokus 250 melonjak 1,45 %. Sementara itu, CAC 40 Prancis dan DAX Jerman juga naik lebih tinggi, baik berakhir 0,57 % lebih tinggi.

Indeks FTSE berakhir pada posisi 6.740,16, naik 105,76 poin atau 1,59 %
Indeks DAX berakhir pada posisi 10.227,86, naik 57,65 poin atau 0,57 %
Indeks CAC berakhir pada posisi 4.345,63, naik 24,55 poin atau 0,57 %
Indeks IBEX 35 berakhir pada posisi 8.385,50, naik 122.00 poin atau 1,48 %

Pada hari Kamis, BoE menurunkan suku untuk pertama kalinya sejak 2009 sebesar 25 basis poin, memangkas perkiraan pertumbuhan dan mengatakan akan memperluas program pembelian obligasi pemerintah, yang dikenal sebagai pelonggaran kuantitatif, untuk membantu menopang perekonomian Inggris.

“Beberapa penyesuaian dengan realitas baru ini dapat membuktikan sulit dan banyak akan memakan waktu, tetapi UK dapat menangani perubahan (seperti) karena memiliki salah satu perekonomian paling fleksibel di dunia,” kata Mark Carney, Gubernur bank sentral di konferensi pers.

SOLID GOLD LAMPUNG

“Kita tidak bisa langsung atau sepenuhnya mengimbangi dampak ekonomi dari guncangan struktural besar, namun kebijakan moneter dapat mendukung penyesuaian yang diperlukan dari ekonomi Inggris selama periode ketidakpastian tinggi, dan itu sebabnya pada pertemuan kemarin MPC sepakat paket yang luar biasa dari langkah-langkah, “kata Carney, menambahkan bahwa dengan bertindak awal, bank dapat mengurangi ketidakpastian, meningkatkan kepercayaan diri dan mendukung penyesuaian yang diperlukan dalam perekonomian Inggris.

Kabar oleh bank sentral membantu saham mengangkat baik di U.K. dan tempat lain di dunia, dengan pasar AS dibuka lebih tinggi di bagian belakang pengumuman, namun dengan dekat Eropa, saham melihat tanda-tanda kelesuan kinerja lemah dalam keuangan dan energi. Sementara itu, sterling merosot di belakang pengumuman, turun 1,4 % terhadap dolar AS, di $ 1,3132 pukul 16.30 waktu sore London.

Selain dari berita bank sentral utama, laba juga menggerakkan pasar utama selama sesi Kamis. perusahaan teknik Jerman Siemens rally 4,5 % setelah melaporkan hasil yang lebih baik dari perkiraan untuk kuartal ketiga pada hari Kamis dan mengangkat pedoman untuk 2016 secara keseluruhan.

Sementara itu di ruang asuransi, Aviva membukukan 13 kenaikan laba semester pertama operasi, dibantu oleh dorongan di unit asuransi jiwa, mengirimkan saham di dekat bagian atas dari STOXX 600, naik 6,7 %. Sementara Jerman Hannover Re membukukan penurunan tajam laba bersih kuartal kedua, tapi menegaskan kembali tujuan untuk 2016, mengirimkan saham ke bawah benchmark Eropa. Menutup 4.76 %.

Dan RSA Insurance Group mengatakan laba operasional kelompok naik 20 % pada semester pertama tahun ini, membantu mendorong saham untuk menutup hanya malu dari 1,5 % ke atas.

Nokia ditutup di zona merah setelah pembuat peralatan jaringan melaporkan laba sebelum bunga dan pajak (EBIT) dari 332 juta euro ($ 370.000.000) pada kuartal kedua, hilang perkiraan analis dari 400 juta, sedangkan penjualan turun 11 persen tahun-ke-tahun.

Penambang Logam mulia Randgold Resources membukukan penurunan produksi di kuartal kedua, mengirimkan saham hampir 11 persen lebih rendah, yang membebani sektor sumber daya dasar bersama dengan Fresnillo. Saham sejak dikupas, menutup 3,8 %, didorong oleh emas spot yang melihat kenaikan harga setelah keputusan BoE.

Saham kelompok olahraga Adidas berakhir turun 2 % meskipun melaporkan peningkatan penjualan kuartal kedua dan margin di bisnis golf itu sedang mencoba untuk menjual, Reuters.

Diperkirakan bursa Eropa akan mencermati data Non Farm Payrolls AS, juga pergerakan harga minyak mentah dan bursa Wall Street.
SOLID GOLD LAMPUNG

Sumber : Vibiznews