SOLID GOLD – Bursa Eropa Berakhir Negatif Kembali Tertekan Kekuatiran Brexit

SOLID GOLD LAMPUNG – Pasar Saham Eropa berakhir lebih rendah pada perdaganga hari Senin, karena kekhawatiran tentang Brexit kembali membebani sentimen investor.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 berakhir 0,7 persen lebih rendah, dengan sebagian besar sektor ditutup di zona merah.

Indeks FTSE berakhir pada 6.522,26, turun -55,57 poin atau -0,84 %

Indeks DAX berakhir pada 9.709,09, turun -67,03 poin atau -0,69 %

Indeks CAC berakhir pada 4.234,86, turun -39,10 poin atau -0,91 %

Indeks IBEX 35 berakhir pada 8.255,90, turun -13,00 poin atau -0,16 %

Dalam berita Inggris, Kanselir George Osborne berencana untuk memotong pajak korporasi hingga di bawah 15 % dalam upaya untuk mengimbangi kejutan Brexit, Financial Times melaporkan pada hari Minggu.

Selain itu, Nigel Farage, pemimpin partai Kemerdekaan Inggris, mengumumkan pengunduran dirinya, mengatakan “ambisi politik” nya yang telah dicapai ketika U.K. meninggalkan Uni Eropa.

Ketidakpastian pasca Brexit mengetuk Indeks konstruksi Markit Purchasing Managers ‘(PMI) untuk Inggris mencapai 46,0 pada bulan Juni, level terendah dalam tujuh tahun. Data ini membuat saham properti UK turun ke bawah dalam indeks STOXX 600, dengan saham Persimmon, Land Securities, Taylor Wimpey dan British Land, semua ditutup turun lebih dari 5,5 %.

Saham perbankan Eropa penggerak utama pada hari Senin, dengan sektor ditutup 1,6 % lebih rendah, terbebani oleh pemberi pinjaman Italia.

Hal ini terjadi setelah laporan media bahwa Perdana Menteri Italia Matteo Renzi bisa menuju konfrontasi dengan Brussels atas rencana fallback untuk menyelamatkan bank-bank yang sakit dengan dana publik.

Banco Popolare, Banca Popolare dell’Emilia Romagna dan UniCredit semua ditutup lebih dari 3,5 % turun, sementara BMPS merosot 14 % setelah Bank Sentral Eropa mengatakan harus memotong kredit macet sebesar 30 persen selama tiga tahun ke depan.

Dalam berita lain, pemegang saham Bursa Efek London (LSE) memilih mendukung penggabungan dengan Deutsche Boerse, Senin. Kesepakatan ini diharapkan akan selesai pada kuartal pertama 2017. Saham keduanya LSE dan Deutsche Boerse ditutup turun lebih dari 1 % pada hari Senin.

Sektor saham Eropa yang berkinerja terbaik adalah sumber daya dasar, didorong oleh kenaikan harga yang tajam di perak, yang melintasi $ 21 untuk pertama kalinya dalam dua tahun pada hari Senin. Langkah ini membantu penambang logam mulia Fresnillo dan Randgold Resources reli, ditutup naik masing-masing sekitar 7,7 dan 4,4 % . Glencore, Antofagasta dan ArcelorMittal juga ditutup naik tajam.

Saham otomotif melemah, berakhir 2 persen ke bawah, setelah Kepler Cheuvreux memangkas target harga pada sejumlah mobil Eropa. Valeo, Peugeot Citroen, Renault, Porsche dan BMW menerima potongan harga dan berakhir 1,5 % lebih rendah atau lebih.

Saham Volkswagen ditutup 2 % turun setelah kepala eksekutif perusahaan menolak permintaan kompensasi untuk pelanggan di Eropa setelah skandal emisi.

Bursa Eropa akan bergerak lemah dengan kembalinya kekuatiran Brexit pasca ketidakpastian kondisi politik dan ekonomi di Inggris, kecuali sentimen positif terkait stimulus dan kebijakan ekonomi dan perkembangan politik di Inggris dan Uni Eropa.
SOLID GOLD LAMPUNG

Sumber : Vibiznews