SOLID GOLD – Bursa Eropa Berakhir Lemah Tergerus Pelemahan Minyak Mentah dan Kekuatiran Ekonomi Global

SOLID GOLD LAMPUNG – Bursa Saham Eropa berakhir melemah pada akhir perdagangan hari Selasa, tertekan penurunan harga minyak dan kekhawatiran atas pertumbuhan ekonomi global mengimbangi sentimen positif dari langkah-langkah baru dari Bank of England (BoE).

Harga minyak mentah baik Brent dan WTI AS masing-masing jatuh lebih dari 4 % pada penutupan perdagangan Eropa, masing-masing sekitar $ 47,90 dan $ 46,75 karena kekhawatiran bahwa perlambatan potensi pertumbuhan ekonomi dapat menekan permintaan dan kekuatan harga yang lebih rendah. Kecemasan atas pertumbuhan global mendorong saham AS lebih rendah juga.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 ditutup terendah di dekat-sesi, berakhir turun 1,7 % turun, dengan index CAC Perancis dan DAX Jerman menutup masing-masing 1,7 % dan 1,8 % lebih rendah.

Namun, Indeks U.K. FTSE 100 naik di perdagangan sore, ditutup naik 0,35 %, meskipun indeks yang berfokus dalam negeri FTSE 250 turun 2,4 %.

Ini datang setelah sterling turun di bawah $ 1,31 untuk pertama kalinya sejak September 1985 selama perdagangan. Pada penutupan, berdiri di $ 1,304 terhadap dolar, sebelum sempat jatuh di bawah $ 1.30.

Indeks FTSE berada pada posisi 6.545,37, naik 23.11 poin atau 0,35 %

Indeks DAX berada pada posisi 9.532,61, turun -176,48 poin atau -1,82 %

Indeks CAC berada pada posisi 4.163,42, turun -71,44 poin atau -1,69 %

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.067,60, turun -188,30 poin atau -2,28 %

BoE memotong counter-cyclical capital buffer rate untuk bank U.K. dengan segera ke 0 persen dari 0,5 % dari paparan keuangan ‘U.K. Selasa. Hal ini akan mengurangi buffer modal peraturan dengan £ 5,7 miliar ($ 7500000000), meningkatkan kapasitas bank untuk memberikan pinjaman kepada rumah tangga dan bisnis hingga £ 150 miliar.

“Rumah tangga dan bisnis U.K. yang ingin menangkap peluang yang layak, dapat yakin bahwa mereka akan didukung oleh sistem keuangan,” kata Gubernur Bank of England Mark Carney pada konferensi pers.

Bank Italia menjadi fokus di tengah kekhawatiran terhadap kesehatan mereka. Perdagangan saham Banca Monte dei Paschi di Siena dihentikan selama sesi. Saham ditutup lebih dari 19 % lebih rendah. Hal ini terjadi setelah Bank Sentral Eropa meminta BMPS untuk memangkas utang buruk oleh lebih dari 40 % dalam tiga tahun, Reuters melaporkan.

Saham perbankan Italia lainnya yang menahan kerugian Senin pada Selasa. UniCredit ditutup naik 0,7 % setelah Goldman Sachs menaikkan proyeksi pada saham dari “netral” untuk “membeli,” mengutip bahwa manajemen baru bank, Reuters melaporkan. UBI Banca ditutup 1,4 % lebih tinggi.

Sementara itu, UBS Swiss tenggelam 3,9 % setelah menerima perintah pengungkapan dari Administrasi Pajak Federal Swiss untuk memberikan informasi mengenai hal-hal pajak.

Di tempat lain, kekuatiran Brexit berlanjut, dengan tiga dana real estate U.K. menghentikan perdagangan minggu ini. Standard Life, Aviva dan Investasi M & G telah menangguhkan berurusan dalam dana tersebut. Membuat keduanya, investor dan fund manager khawatir tentang konsekuensi pada sektor yang lebih luas.

Saham Standard Life ditutup 5,2 % lebih rendah pada Selasa dan Aviva berakhir hampir 4 % ke bawah.

Pembangun U.K. Persimmon mencatat kenaikan 12 % dalam pendapatan pada semester pertama tahun fiskal 2016, tetapi mengatakan terlalu dini untuk menilai efek Brexit bisa saja pada pasar real estate Inggris. Meskipun hasil positif, saham Persimmon tergelincir lebih dari 7 %, bersama dengan housebuilders lain seperti Bovis Rumah dan Taylor Wimpey.

Dalam ruang telekomunikasi, CK Hutchison Holdings dan Vimpelcom sedang dalam pembicaraan dengan Iliad untuk membuat operator jaringan telekomunikasi keempat Italia, Reuters melaporkan, mengutip dua orang yang akrab dengan masalah. Saham Iliad ditutup hampir 3 persen ke bawah.

Sementara itu, saham otomotif ditutup turun 3,3 %. Hal ini terjadi setelah kantor kartel Jerman mengatakan enam produsen mobil dan pemasok memiliki kantor mereka pada 23 Juni, sebagai bagian dari penyelidikan atas penetapan harga baja; menurut Reuters.

Sumber : Vibiznews