SOLID GOLD – Dollar AS Hanya Bertahan Dua Hari Setelah Keputusan Brexit

SOLID GOLD LAMPUNG – Dollar AS jatuh terhadap poundsterling dan euro pada akhir perdagangan mata uang hari Selasa di AS, terpicu profit taking setelah dua hari anjloknya sterling dan euro yang dipicu oleh keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

Para analis mengatakan para pedagang mengambil beberapa keuntungan terhadap penurunan sterling dan euro setelah referendum Inggris. Namun rebound masih sedikit dibandingkan dengan terjunnya mata uang setelah dua hari keputusan Brexit, dengan sterling masih turun lebih dari 10 persen dari harga penutupan pada 23 Juni.

Sterling berakhir naik 0,90 % terhadap greenback di $ 1,3340, setelah mencapai rendah 31-tahun $ 1,3122 pada hari Senin. Sterling mencapai sesi tinggi $ 1,3421 sebelumnya.

Euro berakhir naik 0,38 persen terhadap dolar pada $ 1,1064 setelah mencapai 3,5 bulan rendah dari $ 1,0909 pada Jumat.

Indeks dollar, yang mengukur greenback terhadap sekeranjang enam mata uang utama, terakhir turun 0,39 % pada 96,01, setelah membukukan keuntungan dua hari terkuat sejak September 2008 pada hari Jumat dan Senin karena para pedagang mencari greenback untuk safe haven.

Sedangkan Dollar Australia berakhir naik 0,79 % di $ 0,7382, sementara dolar AS berakhir naik 0,78 % terhadap yen safe-haven di ¥ 102,75.

Dollar mengurangi kerugiannya terhadap mata uang utama lainnya pada hari Selasa, karena data ekonomi AS yang dirilis hasilnya solid meningkatkan optimisme terhadap kekuatan ekonomi Amerika Serikat, berikan dukungan terhadap greenback.

The Conference Board melaporkan bahwa indeks kepercayaan konsumen naik ke level 98.0 pada bulan ini dari pembacaan 92.4 di bulan Mei, yang angka tersebut direvisi dari laporan sebelumnya di level 92.6. Sebelumnya para analis perkirakan indeks akan naik ke level 93.3 di bulan Juni.

Laporan tersebut datang setelah estimasi ketiga untuk pertumbuhan produk domestik AS kuartal pertama menunjukkan pertumbuhan sebesar 1.1%, direvisi naik dari pembacaan sebelumnya untuk kenaikan 0.8%. Sebelumnya para analis perkirakan pertumbuhan sebesar 1.0%.

Namun, belanja konsumen riil untuk periode tiga bulan pertama tahun ini direvisi turun menjadi 1.5%, dari pembacaan sebelumnya 1.9%. Para ekonom sebelumnya perkirakan untuk revisi naik menjadi 2.0%.
SOLID GOLD LAMPUNG

Sumber : Vibiznews